gif-atrk

FAMOUS.ID - Kebakaran hutan  yang terjadi di alam liar selain membakar pepohonan sekitar tetapi juga dapat menghanguskan rumah-rumah dan lahan pertanian di sekitarnya. Penyebab dari terjadinya kebakaran hutan adalah petir, akibat ulah manusia seperti pembakaran. Di penghujung abad ke-20 bumi kita kehilangan hutan sebanyak 25 juta hektar akibat kebakaran. Peristiwa ini berdampak langsung pada ekosistim global dengan naiknya emisi karbon dan hilangnya keanekaragaman hayati. Kebakaran hutan merupakan bencana lingkungan terbesar sepanjang abad. Berikut 5 Kebakaran Hutan Terbesar Dalam Sejarah yang melanda bumi.

1. Kebakaran Hutan Chelan, Oregon

1 © wikimedia

Api yang semula berasal dari kilat di Chelan, Washington, terus meluas. Sampai ke 10 negara bagian Amerika, yaitu Oregon, Washington, Idaho, Montana, California, Nevada, North Carolina, Louisiana, Texas and Arizona pada bulan Agustus 2015. Oleh karena itu, petugas pemadam pun ditambah sampai sebanyak 30 ribu orang. Apalagi, Pusat Pemadam Kebakaran Nasional mencatat sudah sebanyak 2,9 juta hektar wilayah terbakar. Selain itu, ditemukan 41.194 titik api dan menghanguskan 1.074 bangunan. Begitu mendesaknya bencana kebakaran ini, sampai-sampai Amerika meminta bantuan kepada Australia untuk menjinakkan si jago merah. Amerika juga menerjunkan militernya untuk membantu para pemadam kebakaran.

2. Kebakaran Hutan Peshtigo, Wisconsin

2 © wikimedia

Kebakaran hutan yang terjadi pada 8 Oktober 1871 di hutan Peshtigo, Wisconsin, Amerika Serikat ini menghanguskan lebih dari 3,5 juta hektar lahan hutan dan menewaskan 2.500 orang di Wisconsin.

3. Kebakaran Hutan Hinckley, Minnesota

3 © wikimedia

Kebakaran Hinckley adalah kebakaran besar yang terjadi pada tanggal 1 September 1894 yang membakar area minimal 810 km² , mungkin lebih dari 1000 km², termasuk kota Hinckley dan Minnesota. Api membunuh ratusan orang, dengan jumlah minimum diperkirakan 418 korban jiwa. Namun, beberapa ahli percaya angka sebenarnya dari korban yang meninggal mendekati hampir 800 korban jiwa. Jika demikian, kebakaran ini adalah kedua paling mematikan dalam sejarah Minnesota setelah peristiwa Cloquet.

4. Kebakaran Hutan Kalimantan

4 © wikimedia

Akibat terjadinya kemarau panjang pada tahun 1982-1983 menjadi pemicu kebakaran hutan di Pulau Kalimantan. Pada peristiwa kebakaran hutan ini menyebabkan 3,2 juta lahan hutan musnah dilahap api dengan kerugian mencapai lebih dari Rp. 6 Triliun. Kebakaran hutan ini berdampak sangat besar terhadap manusia dan mahluk hidup lainnya mengingat Kalimantan adalah salah satu penyumbang oksigen terbesar di dunia. Hal itu jadi berdampak langsung, dampak ekonomi, dampak kesehatan atau dampak sosial.

5. Kebakaran California, Los Angeles

5 © wikimedia

Kebakaran meluas di kawasan California selatan dan telah memasuki hari ketiga pada Rabu, 6 Desember 2017, waktu setempat. Seperti dilansir CNN, terjadi kebakaran baru di dekat daerah elit Bel Air dan jalan Interstate 405, yang bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan setelah api membakar sekitar 65 ribu atau sekitar 26,300 hektar. Menurut data terbaru, kawasan yang paling rusak akibat sebaran api ini adalah Thomas Fire di Ventura County, yang hangus mencapai sekitar 50 ribu acre atau sekitar 20 ribu hektar. Kebakaran ini dimulai di daerah pedesaan dan menyebar ke kota di California selatan. Ini menyebabkan sekitar 150 gedung rusak.

Itulah lima kebakaran terbesar di dunia. Kebakaran hutan adalah bencana bagi keanekaragaman makhluk hidup. Nggak terhitung berapa jumlah spesies tumbuhan dan hewan yang punah dilahap api. Mengingat hutan adalah salah satu sumber oksigen terbesar di bumi, ada baiknya mulai memiliki kesadaran untuk tidak merusak alam demi kelangsungan hidup umat manusia. (non)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0