gif-atrk

FAMOUS.ID - Di sebuah desa yang terletak di India bagian utara, lahir seekor kambing gunung dengan kondisi bermata satu (Cyclops) pada tanggal 10 Mei 2017 lalu. Hal seperti ini sangat jarang terjadi, walau sebelumnya ada beberapa kasus yang sama pernah terjadi juga. Nggak hanya kambing, binatang lain seperti kuda, babi, sapi, kucing bahkan ikan hiu, juga pernah mengalami kondisi serupa, bermata satu. Mata satu pada kambing tersebut posisinya berada tepat ditengah wajah, seperti mitos Yunani Cyclops.

Diprediksi cepat mati, ternyata tidak!

Cyclops Goat Born in India  National Geographic © National Geographic

Awalnya sang kambing diprediksi akan mati dalam hitungan hari. Namun yang yang membuatnya istimewa adalah ternyata kambing ini bisa bertahan hidup. Hal inilah yang akhirnya menjadi topik pembicaraan hangat di internet. Biasanya hewan yang memiliki kelainan seperti ini nggak hidup lama, dokter hewan memprediksinya akan segera mati, namun kambing kecil ajaib tersebut terlihat sehat, semakin hari semakin tumbuh besar.

Menderita Cyclopia

Kambing bermata satu tersebut menderita kelainan mata yang disebut Cyclopia, yang berasal dari mitos di Yunani, Cyclops. Terjadinya kecacatan tersebut sebenarnta diakibatkan oleh induk hewan yang terkena paparan zat beracun yang masuk ke dalam tubuh. Masuknya zat beracun itu bisa dari makanan atau minuman, bahkan dari suntikan. Zat beracun pada induknya tersebut kemudian ikut meracuni janin anaknya untuk dan menganggu perkembangan sel-sel pada janin, yang pada akhirnya terjadi kecacatan fisik.Cyclopia merupakan kondisi kelahiran yang sangat langka saat proses pembentukan embrio, dimana kedua mata nggak bisa terpisah dan menyatu saat terlahir. Ciri-ciri lain dari hewan cyclopia adalah memiliki bibir kecil, rahang pendek, dan tidak memiliki gigi. Kondisi cyclopia biasanya memang kerap menimpa hewan mamalia seperti seperti kuda, babi, sapi dan kucing, bahkan ikan hiu.

Disakralkan

Keberadaan kambing mata satu sontak menggegerkan dan membuat warga desa penasaran, akibatnya setiap hari rumah Mukhuri selalui dipenui warga yang ingin melihat sang kambing ‘ajaib’ ini. Bukanya takut, para pengunjung justru berdatangan untuk menyembahnya. Orang-orang itu memiliki kepercayaan bahwa hidup mereka akan beruntung jika memperoleh berkah dari sang kambing. Waduh!

Masih penasaran? video selengkapnya tentang anak kambing bermata satu ini bisa kamu simak di halaman ini Famous People! (non)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0