gif-atrk

FAMOUS.ID - Sebuah ledakan terjadi semalam di wilayah Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur. Ledakan itu pun menimbulkan korban dari warga yang ada di sekitar. Bahkan beberapa anggota dari polisi juga ikut menjadi korban dari ledakan tersebut.

Sontak kejadian inipun membuat suasana kota Jakarta yang tenang, kembali terganggu dan terusik oleh ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Teror yang kembali dimunculkan tentunya mempunyai tujuan agar ketenangan yang terjadi saat ini berubah menjadi sebuah ketakutan.

geralt © Pixabay

Namun, agar suasana ini tidak menjadi begitu ricuh, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh orang-orang agar teror tidak menjadi semakin meluas dan ketakutan pun bisa segera diredam. Inilah yang harus dan wajib kamu lakukan.

1. Safety Check

Jika sedang berada di luar rumah, kasih tahu orang-orang terdekat kamu jika kondisimu baik-baik saja dan aman. Beri tahu juga lokasi keberadaan kamu sekarang agar informasi tentang dirimu benar-benar diketahui oleh orang-orang terdekatmu. Hal ini bertujuan agar tidak membuat panik mereka.

2. Jangan Sebar Foto-Foto Korban

Dengan menyebar foto-foto dari korban yang terkena ledakan tersebut, justru hal tersebut akan membuat teror semakin meluas dan membuat banyak orang ketakutan. Hentikan melakukan share foto ke media-media sosial yang kamu punya.

3. Jangan Menyebarkan Berita HOAX

Jika ada berita-berita yang belum jelas sumbernya, jangan cepat-cepat disebarkan berita tersebut. Cari tahu terlebih dahulu kebenarannya agar yang kamu share tidak menjadi sebuah berita kebohongan yang membuat kondisi semakin ricuh.

4. Jangan Mendekati TKP

Biasanya dalam kondisi seperti ini, orang-orang yang sedang berada di sekitar lokasi kejadian pasti akan ingin tahu alias kepo. Hentikan untuk mendekati lokasi tkp, biarkan pihak berwajib bekerja agar dapat dengan cepat mengusut para pelaku tindakan tersebut.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar dapat dengan cepat membuat suasana kembali aman dan nyaman. Tetap berhati-hati ketika sedang berada di mana saja dan jangan lupa untuk terus berdoa agar keselamatan kamu tetap terjaga. (zie)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
1
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
4