gif-atrk
Jakarta Kebanjiran! 5 Banjir Besar yang Melanda Jakarta Dari Zaman Belanda

Jakarta Kebanjiran! 5 Banjir Besar yang Melanda Jakarta Dari Zaman Belanda

SHARE

FAMOUS.ID - Hujan yang melanda Jakarta beberapa waktu lalu memnyebabkan banjir yang sempat melumpuhkan sebagian area di Jakarta. Setiap tahun sudah bisa dipastikan beberapa titik banjir akan menghampiri Jakarta. Banjir besar yang melumpuhkan hampir seluruh Jakarta ternyata juga pernah terjadi beberapa kali. Permasalahan banjir ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Belanda. Terbayang dong banjir ini memang sudah menjadi masalah kota Jakarta sejak lama. Berikut adalah 5 banjir besar di Jakarta yang tercatat melumpuhkan semua aktivitas.

Banjir besar tahun 1872

1 © koningin van het oosten

Di masa kolonila banjir besar juga sempat melumpuhkan Batavia. Banjir besar yang dikarenakan hujan turun dengan curah 286 milimeter ini membuat kali Ciliwung meluap. Bukan hanya itu saja hujan yang terus menerus turun juga menyebabkan pintu air di depan Masjid Istiqlal jebol. Kawasan Kota Tua dan Harmoni adalah dua lokasi dengan banjir terparah di tahun 1872.

Banjir zaman Belanda 1918

2 © arsipnasional

Pada masa pemerintahan Belanda saat Jakarta disebut Batavia banjir besar pernah melumpuhkan hampir semua kegiatan masyarakat. Di tahun 1918 banjir besar melumpuhkan Jakarta setelah hujan turun selama 22 hari. Pada tahun itu daerah Lapangan Banteng tergenang lalu daerah Glodok dan Kemayoran juga terkena banjir setinggi 1,5 meter. Ribuan warga di tahun 1918 harus mengungsi di sekitar daerah Lapangan Monas.

Banjir tahun 1979

3 ©arsipnasional

Pada masa pemerintahan Gubernur Tjokropranolo, Jakarta juga pernah terendam banjir sangat besar. Banjir besar terjadi sejak tanggal 19-20 Januari 1979, daerah Pondok Pinang tenggelam ditelan air setinggi 2,5 meter. Bahkan banyak orang hilang saat banjir besar di tahun 1979 ini.

Banjir tahun 1996

4 © wikipedia

Banjir di tahun 1996 mungkin bisa dibilang menjadi awal banjir 5 tahun sekali. Curah hujan yang sangat tinggi di bulan Februari 1996 ini mengakibatkan banjir yang sangat luas dan merata di Jakarta. Banjir besar di tahun 1996 merendam Jakarta hingga 7 meter dan korban jiwa mencapai 20 jiwa. Bahkan banjir Jakarta tahun 1996 masuk dalam kategori tragedi nasional.

Bencana banjir besar tahun 2007

5 © wikipedia

Banjir 5 tahunan kembali menghampiri Jakarta di tahun 2007. Hujan lebat selama satu hari di bulan Februari menenggelamkan hampir 60% wilayah Jakarta. Tercatat banjir besar Jakarta tahun 2007 ini adalah banjir besar yang pernah tercatat. Hujan yang terjadi di bulan Februari 2007 ini sebanding dengan periode hujan 100 tahun lalu yang mencapai 235 mm. Banjir yang terjadi selama satu minggu lebih ini merenggut 80 jiwa dan warga yang mengungsi mencapai 320 ribu jiwa.

Itulah beberapa banjir besar yang melanda Jakarta hingga melumpukan aktivitas warga bahkan hingga menelan korban jiwa. Di musim hujan seperti saat ini ada baiknya kita lebih waspada. Lakukan pencegahan banjir dengan memulai hal termudah yaitu nggak membuang sampah sembarangan, ya Famous People! (non)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
7
Pecah Pecah Active
PECAH
2
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
1
Hiks Hiks Active
HIKS
1