gif-atrk

FAMOUS.ID - Belakangan ini, kasus yang melanda PewDiePie, seorang konten kreator terbesar di Youtube sedang menjadi sorotan banyak media. Pada 14 Februari 2017, perusahaan Multi Channel Network milik Disney bernama Maker Studios memutuskan kerjasamanya dengan Felix Kjellberg alias PewDiePie.

Hal ini dilakukan karena beberapa konten dalam channel PewDiePie dianggap mengandung candaan dengan unsur rasisme terhadap kaum yahudi. Hal ini menjadi perhatian hingga beberapa media besar mengangkat kasus tersebut.

kasus pewdiepie Casey Neistat Youtube Channel

Sejak Agustus 2016, terhitung terdapat 9 video PewDiePie yang mengandung jokes tentang Yahudi dan gerakan ekstrimis Nazi. Pihak Youtube juga menanggapi kasus PewDiePie kali ini dengan serius. Youtube memutus dua hubungan kerjasama besar dengan Felix, yaitu pemutusan program iklan premium di channel PewDiePie dan pemutusan rencana produksi webseries Youtube Red "Scare PewDiePie" season kedua.

Menanggapi hal ini, PewDiePie memberikan komentar dalam beberapa videonya. Ia mengaku hal yang dilakukannya dalam video kontroversial itu murni hanya dimaksudkan sebagai sebuah candaan, tidak ada maksud untuk menebarkan kebencian apapun. Meskipun begitu, ia sadar bahwa kali ini candaan yang muncul dari dirinya sudah melewati batas dan menyinggung beberapa pihak.

Casey Neistat Casey Neistat Youtube Channel

Mengamati hal ini, kreator Casey Neistat memberikan komentar atas kasus yang dialami PewDiePie dalam video terbarunya. Mengutip dari film Spiderman "With great power, comes great responsibility" Casey berpendapat bahwa jumlah subcribers yang besar juga memunculkan sebuah tanggungjawab besar untuk seorang kreator dalam membuat konten.

Setiap orang pasti memiliki pandangan dan pendapatnya masing-masing dalam mengartikan maksud sebuah konten video. Ada yang bisa mengerti dan menganggap sebuah konten hanyalah sebatas jokes, tetapi ada pula orang yang akan mengartikan sebuah konten candaan menjadi lebih serius dan memiliki arti lain. Hal inilah yang terjadi pada PewDiePie saat ini.

Di akhir videonya, Casey memberi pernyataan seperti berikut "On Youtube, you can say whatever you want. But at a time, there will be a consequences for it" yang berarti kebebasan berpendapat dan segala hal yang kita katakan di Youtube sebenarnya memiliki konsekuensi yang akan kita rasakan di kemudian hari. (nfl)

Lihat Video Trending Lainnya:

Ed Sheeran Ajak Kembarannya di Video Klip Baru "Castle on the Hill"
5 Ide Promosi Film Kreatif Dari Film Hollywood
Mengejutkan, Penari Asal India Ini Meninggal di Atas Panggung
Ketika Ahok Menari Bersama Jokowi dan SBY Dalam Satu Video
Eksplor Kreativitas Lewat Fitur Youtube Live Streaming via Smartphone

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
1
Sweet Sweet Active
SO SWEET
1
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
1
Hiks Hiks Active
HIKS
2