gif-atrk

FAMOUS.ID - Film Beauty and the Beast sudah dapat disaksikan di bioskop Indonesia. Versi live action yang diangkat dari film animasi tahun 1991 ini sukses membuat para penontonnya kagum dan merasakan nostalgia yang pas untuk penggemar kisah-kisah Disney. Tapi tak banyak yang tahu, proses pembuatan film ini ternyata memakan waktu dan usaha yang sangat besar. Kali ini kita akan membahas 5 rahasia dibalik pembuatan film Beauty and the Beast!

1. Kostum 'Belle' didesain dengan sangat matang

Flicks And The City Flicks And The City Youtube Channel

Dalam film Beauty and the Beast, tokoh Belle yang diperankan oleh Emma Watson terlihat sangat cantik dan anggun saat mengenakan gaun berwarna kuning yang sangat khas. Sebelum gaun tersebut dibuat, ternyata terdapat proses yang sangat teliti dalam proses desain gaun tersebut. Jacqueline Durran, costume desainer dari film ini terlebih dahulu melakukan tes kamera pada banyak layer warna kuning untuk menemukan warna yang cocok sebagai warna dasar gaun tersebut. Setelah ditemukan warna yang cocok di kamera, proses produksi gaun tersebut dilakukan dengan menghabiskan waktu 12.000 jam untuk membuatnya. Tim produksi menggunakan bahan 55 meter kain satin, 914 meter benang, dan 2.160 kristal Swarovski untuk membuat gaun yang sempurna.

2. Membuat benda menjadi hidup

Flicks And The City Flicks And The City Youtube Channel

Seperti dalam film animasinya, versi live action ini juga memiliki tokoh-tokoh benda rumahan yang menjadi hidup. Karakter seperti Lumiere, Cogsworth, dan Mrs Potts dibuat seakan benar-benar hidup dengan gabungan teknologi visual effect canggih dan model nyata yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pada saat pengambilan gambar, benda-benda tersebut dilengkapi dengan mesin penggerak dan penarik agar terlihat bergerak di kamera. Kemudian gerakan tersebut disempurnakan dengan efek visual dari komputer. Selain itu, gerakan dan dialog dari karakter benda hidup ini diambil dengan teknologi motion capture oleh para pemerannya. Sang pengisi suara sebelumnya mengisi suara tokoh untuk digunakan sebagai panduan pengambilan gambar, kemudian setelah pengambilan gambar selesai para pemeran akan merekam dialognya lagi untuk mencocokkan intonasi dan ekspresi suaranya dengan hal yang terjadi pada saat pengambilan gambar. Proses produksi ini memakan waktu 6 bulan untuk persiapan, 1 bulan untuk pengambilan gambar, dan 12 bulan untuk proses finishing.

3. Kombinasi make up dan visual effect untuk karakter 'Beast'

Flicks And The City Flicks And The City Youtube Channel

Film ini berhasil membuat penonton merasakan keberadaan nyata dari sosok Beast. Visual effect yang halus dan ekspresi pemeran Beast berhasil terekam dengan sempurna. Dibalik produksinya, ternyata dibutuhkan usaha yang sangat besar untuk menciptakan hal tersebut. Untuk membuat penampilan Beast, tim produksi menggunakan kombinasi make up dan visual effect pada pemerannya. Ketika pengambilan gambar, Dan Stevens menggunakan sebuah kostum besar seberat 18 kg untuk mendapatkan tinggi dan bentuk Beast yang ideal. Setelah proses pengambilan gambar pertama selesai, Dan Stevens kemudian merekam ulang setiap adegannya untuk mengambil gambar gerakan mulut dan ekspresi yang nyata pada karakternya. Setelah itu semua hasil shooting digabungkan menjadi satu adegan utuh. Inilah yang membuat ekspresi dan gerakan Beast terlihat sangat sempurna.

4. Properti dan set tempat yang detail

Flicks And The City Flicks And The City Youtube Channel

Untuk menciptakan suasana dan setting yang sama seperti dalam film animasinya, departemen art dari film Beauty and the Beast melakukan banyak persiapan yang tidak banyak diketahui. Lokasi shooting film ini dilakukan di sebuah studio dengan lokasi dan properti yang dibuat sendiri sebelumnya. Lokasi kota Villeneuve, tempat Belle berasal dibangun di sebuah lapangan studio yang besarnya mencapai 8534 meter persegi. Set kota ini merupakan set terbesar yang ada dalam film tersebut. Dalam kota tersebut juga dilibatkan 150 pemeran figuran, ratusan hewan, 28 gerobak, dan properti detail yang tidak terhitung. Desain bangunan yang digunakan juga didesain dengan riset yang sangat teliti sebelumnya untuk menyesuaikan suasana Prancis abad ke-18 dimana waktu kisah ini diangkat.

5. Pendalaman karakter sebelum shooting

Flicks And The City Flicks And The City Youtube Channel

Sebelum proses pengambilan gambar dilakukan, sutradara Bill Condon menemui setiap aktor dan aktris pemerannya untuk menemukan personaliti dan latar belakang yang cocok dari setiap karakter. Setelah itu, ia juga mengadakan proses script reading dari seluruh pemeran sebagai gambaran suasana dan chemistry saat proses pengambilan gambar nanti. Proses ini juga melibatkan bagian musikal yang langsung ditampilkan oleh para pemerannya secara langsung. Pada proses ini juga terdapat hal yang menarik. Diadakan pada tanggal 15 April 2015, momen ini kebetulan bertepatan dengan hari ulang tahun 4 pemeran film Beauty and the Beast, yaitu Emma Watson yang berperan sebagai Belle, Luke Evans sebagai Gaston, Emma Thompson sebagai Mrs Potts, dan Nathan Mack yang berperan sebagai Chip.

Itulah 5 rahasia dibalik proses produksi film Beauty and the Beast. Kamu sudah nonton film ini? Bagaimana pendapat kamu tentang film ini Famous People? Tulis di kolom komentar ya! (nfl)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
7
Pecah Pecah Active
PECAH
5
Sweet Sweet Active
SO SWEET
14
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
5
Hiks Hiks Active
HIKS
3