gif-atrk

FAMOUS.ID- Pesawat biasa digunakan untuk bepergian dari satu tempat ketempat lainnya menggunakan jalur udara. Namun, layaknya transportasi darat maupun laut, menaiki pesawat juga nggak selamanya aman. Seperti berikut ini ada beberapa kasus kecelakaan pesawat parah yang terjadi di Indonesia!

1. Lion Air JT-610

5 Kecelakaan Pesawat Dengan Korban Terbanyak di Indonesia (Bintang 5)  © 2018 famous.id

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 rute Jakarta menuju Pangkal Pinang dilaporkan hilang kontak sesaat setelah lepas landas pada Senin 29 Oktober 2018 pagi. Basarnas memastikan pesawat ini jatuh di perairan dekat daerah Karawang, Jawa Barat. Pesawat ini diketahui membawa sebanyak 178 penumpang dewasa, 1 anak-anak, 2 bayi dan 7 kru pesawat.

2. C-130H Hercules

5 Kecelakaan Pesawat Dengan Korban Terbanyak di Indonesia (Bintang 5)  © 2018 famous.id

Kecelakaan pesawat C-130H Hercules terjadi pada 20 Mei 2009 lalu. Pesawat ini membawa 112 orang dan kecelakaan terjadi saat penerbangan dari Jakarta menuju Jawa Timur. Kecelakaan ini menewaskan 98 orang dan 2 warga lokal tewas terkena hantaman pesawat saat mendarat di ladang sawah. Pesawat berusaha mendarat di Bandar Udara Iswahyudi, namun jatuh di ujung landasan dan pesawat meledak lalu terbakar ketika jatuh.

3. Adam Air Penerbangan 574

5 Kecelakaan Pesawat Dengan Korban Terbanyak di Indonesia (Bintang 5)  © 2018 famous.id

Kecelakaan pesawat Adam Air terjadi pada 1 Januari 2007. Awalnya terjadwal untuk terbang dari Jakarta-Surabaya-Manado namun hilang saat penerbangan setelah transit di Surabaya. Kotak hitam milik pesawat ditemykan di kedalaman 2000 meter pada 28 Agustus 2007. Kecelakaan ini menelan korban keseluruhan penumpang yang berjumlah 102 orang yang terbagi 96 penumpang dan 6 awak pesawat. Pada 25 Maret 2008, penyebab kecelakaan seperti yang diumumkan adalah karena cuaca buruk, kerusakan pada alat bantu sistem navigasi inertial (IRS) dan kegagalan kinerja pilot dalam menghadapi situasi darurat.

4. SilkAir Penerbangan 185

5 Kecelakaan Pesawat Dengan Korban Terbanyak di Indonesia (Bintang 5)  © 2018 famous.id

Pesawat SilkAir penerbangan 185 terjadi pada 19 Desember 1997 dalam penerbangan rutin dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Changi, Singapura. Sekitar pukul 16:13 pesawat tersebut mengalami kecelakaan jatuh di atas Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Sebanyak 97 penumpang dan 7 awak kabin tewas dalam insiden tersebut.

Itulah 4 kecelakan pesawat di Indonesia yang banyak memakan korban jiwa. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya kecelakaan pesawat entah dari faktor mesin, cuaca maupun human error. Jadi ada baiknya kalau Famous People harus tetap waspada dan berhati-hati saat akan bepergian.(non)

Ternyata ini lho bahasa pertama kali di dunia!
Ini bahaya yang mengancam dibalik sambung bulu mata palsu!
Wajib nonton! 3 Video inspiratif dari channel Agung Hapsah
Waspada! Ini bahaya kurang tidur yang akan mengintai kamu
Berani coba? Inilah 5 pekerjaan ekstrim dengan resiko sangat tinggi!

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0