gif-atrk

FAMOUS.ID - Dunia berduka karena kehilangan salah satu fisikawan terbaik yang ada di bumi. Stephen Hawking, meninggal dunia pada 14 Maret 2018 di kediamannya di daerah Cambridge, Inggris. Deretan karyanya sangat membantu dan juga memberi dampak sangat luar biasa bagi dunia penelitian. Untuk mengenang jasa sang fisikawan dunia yang wafat di usia 76 tahun ini, berikut ada beberapa fakta menarik tentang Stephen Hawking yang belum kamu ketahui!

1. Reinkarnasi Galileo Galilei

 

Stephen Hawking taught me that we all begin and end as stardust. Farewell to one of the greatest minds in history. Rest In Peace Prof. Stephen Hawking 🌹. #physician #theoreticalphysicist #stephenhawking

A post shared by Cicin Yaena Ceria Lase (@cicinnlz) on

Hawking lahir pada tanggal 8 Januari 1942. Dikutip dari detik.com, tepat ditanggal tersebut dunia sains sedang memperingati 300 tahun kematian fisikawan ternama Galileo Galilei yang menginggal pada 8 Januari 1642. Nggak sedikit orang yang beranggapan kalau Hawking adalah reinkarnasi dari sosok Galileo Galilei. Selain tanggal kelahiran yang sama dengan tanggal kematian keduanya juga sama-sama seorang fisikawan ternama dunia.

2. Penyebab Kematian

 

Brilliance is the ability to adapt to change. #StephenHawking #Truth #StandOut #Imagine #BeDifferent

A post shared by Social Science (@socialsci_works) on

Meski keluarga nggak menyebutkan dengan pasti penyebab meninggal dunianya, seperti dilansir dari The Guardian, Hawking diketahui menderita penyakit motor neuron (MND). Ia pertama kali didiagnosis mengidap penyakit itu pada 1963, di usia 21 tahun.

3. Film Tentang Perjalanan Hidupnya

 

ホーキング博士のことは「博士と彼女のセオリー」を観て得たことしかわからないけど、天才でありながらユーモラスな人であると知った。 この映画での演技を通して、更に彼のことを世界に発信したエディ・レッドメインは今、どんな気持ちなのか… 御冥福をお祈りいたします。 #stephenhawking #thetheoryofeverything #eddieredmayne #movieposter #洋画鑑賞 #洋画 #洋画好きな人と繋がりたい #洋画好き #博士と彼女のセオリー #エディレッドメイン

A post shared by ジンジャー・ベイカー (@ginger_baker7) on

Sebelum meninggal, kisah hidup Stephen Hawking sempat dituangkan dalam sebuah film berjudul The Theory of Everything yang tayang pada 2014 lalu. Film ini mengangkat sisi kehidupan asmara, antara Hawking dan Jane. Film ini juga menceritakan masa-masa sulit ketika penyakit motor neuron yang diderita Hawking semakin parah. Penyakit ini membuatnya nggak bisa menggerakkan sebagian besar dari tubuhnya. Meski begitu, Jane akhirnya menikahi Hawking dan memiliki dua orang anak. Sayangnya, pernikahan Hawking dan Jane nggak bertahan lama dan memutuskan untuk berpisah.

Itulah 3 fakta menarik tentang Stephen Hawking yang mungkin saja belum kamu ketahui. Dibalik keterbatasan yang dimiliki, Hawking tetap mendedikasikan hidupnya untuk membuka rahasia alam semesta hingga akhir hidupnya. Rest in peace, Stephen Hawking! (non)

 

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
1
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
1