gif-atrk

FAMOUS.ID- Perkembangan dunia digital yang sangat pesat membuat semua orang harus bisa mengikuti hal tersebut. Namun, dari perkembangan itu ada orang-orang yang nggak bertanggung jawab. Salah satu bentuk kejahatan tersebut adalah catfishing. FYI, catfishing adalah tindakan seseorang yang membuat akun palsu di sebuah media sosial dan menciptakan identitas baru di internet terutama di media sosial, biasanya dengan tujuan menjalin hubungan percintaan secara online. Nggak hanya untuk kencan, terkadang mereka bertujuan untuk menipu seseorang demi dapat keuntungan. Nah, supaya terhindar dari hal tersebut, berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari catfishing!

1 ©pixabay

1. Cek Secara Detil Foto Profil

Sangat mencurigakan kalau sebuah akun hanya punya satu foto profil. Sebaiknya perhatikan foto profil mereka secara detail. Cek keaslian foto tersebut dengan menggunakan pencarian foto yang sudah disediakan oleh Google. Ketika ditemukan sesuatu yang mencurigakan, mending jauhi secara perlahan.

2. Coba Untuk Video Call atau Video Chatting

Cobalah untuk melakukan video chatting atau video call via Skype atau Line. Tapi, ketika orang itu menghindari hal tersebut, kamu perlu waspada. Seseorang yang melakukan catfishing sering menutupi identitas asli mereka. Kalau akun tersebut benar, biasanya orang itu tidak berkeberatan untuk melakukan tatap muka secara real time.

3. Jangan Berikan Informasi yang Personal

Untuk keselamatan, lebih baik hindari memberikan identitas secara menyeluruh untuk orang yang baru dikenal. Informasi mengenai pekerjaan, alamat rumah, dan nomor telepon sebaiknya nggak diberitahukan terlebih dahulu. Jika sudah bertemu secara langsung dan yakin barulah info tersebut bisa disampaikan.

4. Periksa Media Sosial

Kalau media sosial mereka terlihat sangat kosong, hal ini perlu dicurigai karena sekarang ini sebagian besar orang menggunakan media sosial sebagai salah satu media komunikasi mereka. Kalau aktivitasnya tidak terlalu sering dan sudah lama tidak diperbarui, mulailah untuk menjauhi orang tersebut.

Kehati-hatian sangat diperlukan saat berkenalan dengan orang asing di dunia maya. Kewaspadaan ini akan membantu kamu untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti catfishing dan penipuan. Nah supaya nggak tertipu yuk simak curhatan Minyo33 tentang pengalamannya menjadi korban catfishing divideo yang ada di halaman ini, Famous People!(non)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0