gif-atrk

FAMOUS.ID - Menstruasi selalu dialami oleh para cewek disetiap bulannya, dan baru akan berhenti saat ia hamil atau menopause. Apa sih, menstruasi itu? Menstruasi adalah kondisi pada saat dinding rahim yang menebal, meluruh. Proses ini terjadi terus setiap bulan, membentuk siklus yang biasanya waktunya sekitar 28 hari. Setelah menstruasi, lapisan dinding rahim akan kembali diperbaharui.

Sementara, saat nggak ada pembuahan, dinding rahim tersebut meluruh, dan akan kembali menebal agar selalu siap dihuni janin. Proses peluruhan dinding rahim inilah yang membuat cewek terkadang merasakan nyeri, baik nyeri ringan, berat hingga ekstrem. Nyeri ini ternyata bisa dikurangi jika kamu mengkonsumsi makanan-makanan ini lho!

1. Cokelat Hitam

cokelat pixabay.com

Usahakan untuk menggunakan coklat hitam dengan kakao 70%. Meskipun coklat ini akan terasa lebih pahit daripada coklat dengan campuran susu dan gula yang banyak, coklat hitam ini dapat membantu meredakan nyeri haidmu. Saat haid, otot-otot cenderung menegang dan menimbulkan rasa nyeri. Coklat hitam membantu merilekskan ketegangan otot itu.

2. Pisang

5 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Manusia pixabay

Buah lezat yang mengandung banyak kalium ini juga dapat mengurangi rasa sakit haid. Pisang akan membuat kontraksi otot berkurang, juga mengurangi rasa kembung di perut.

3. Kangkung dan bayam

makanan © wikimedia commons

Kedua sayuran ini memiliki kalsium tinggi yang berfungsi untuk membantu pembentukan darah, yang memang sangat dibutuhkan untuk mengganti jumlah darah yang kamu keluarkan saat haid. Kalsium ini juga dapat mengurangi rasa nyeri haid.

Buat kamu yang masih sering sakit saaat haid bisa banget coba mengkonsumsi salah satu makanan itu ketika nyeri menyerang. Selain enak dan mudah ditemukan, makanan diatas aman karena dari bahan alami. Nah buat kamu yang penasaran gimana bisa sih sakit saat haid itu berbeda-beda? Tau bahaya nggak sih sakit saat menstruasi? Busa simak ulasan tentang menstruasi dari dokter cantik Clarin Hayes divideo yang ada di halaman ini Famous Peole! (non)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
0
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
2
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0