gif-atrk

FAMOUS.ID - Kalau kamu punya rasa takut yang sangat berlebihan terhadap sesuatu, bisa jadi kamu menderita sebuah penyakit yang disebut fobia. Berbeda dengan penyakit umumnya, fobia terdapat dalam imajinasi dan mental dari penderitanya. Orang yang memiliki fobia akan merasakan rasa takut yang sangat hebat ketika bertemu dengan benda atau situasi yang ditakutinya. Berikut 5 jenis fobia yang paling populer di dunia.

1. Arachnophobia

pixabay.com pixabay.com

Arachnophobia adalah sebuah rasa takut berlebihan terhadap laba-laba. Ketakutan terhadap laba-laba ini termasuk dalam fobia yang umum dan diderita hampir 30% dari penduduk dunia. Ketakutan ini disebabkan oleh persepsi akan laba-laba yang termasuk dalam hewan berbahaya dan beracun. Hal ini dapat dianggap benar untuk sebagian jenis laba-laba, akan tetapi, bagi pengidap fobia, laba-laba kecil pun akan terlihat menyeramkan dan berbahaya bagi dirinya. Ketika melihat hewan ini, pengidap fobia akan berteriak hebat, berlari, bahkan ketakutan hingga naik ke atas meja.

2. Claustrophobia

flickr.com flickr.com

Claustrophobia merupakan rasa takut berlebihan terhadap ruang tertutup. Ketika berada di sebuah ruang tertutup, pengidap fobia ini memiliki ketakutan akan mengalami kehabisan udara dan tidak bisa bernafas. Biasanya tempat-tempat sempit seperti elevator/lift, ruang olahraga tertutup, mobil, dan pesawat dapat memicu hal tersebut. Penderita claustrophobia biasanya akan malas untuk bepergian atau berada dalam mobil terlalu lama.

3. Acrophobia

flickr.com flickr.com

Fobia ini diambil dari bahasa Yunani akron yang berarti puncak dan phobos yang berarti takut. Penderitanya akan mengalami rasa takut yang berlebihan terhadap ketinggian. Hal ini dapat disebabkan oleh sifat bawaan sejak lahir ataupun akibat trauma pengalaman. Ketika berada di tempat tinggi, penderita acrophobia akan merasakan ketinggian yang berlipat dari sebenarnya, misalnya ketika seseorang berada di ketinggian 3 meter, ia akan merasakan sedang berada di ketinggian 6 meter.

4. Mysophobia

flickr.com flickr.com

Mysophobia merupakan rasa takut berlebihan terhadap kuman atau bakteri. Ketika melakukan kontak dengan hal yang kotor, penderita fobia ini akan merasakan gemetar, jantung berdebar, berkeringat, bahkan menangis. Karena ketakutannya yang berlebihan, penderita mysophobia memiliki kebiasaan untuk mencuci tangannya setiap waktu, mandi beberapa kali sehari, dan juga selalu menggunakan pembersih tangan. Penderita fobia ini juga seringkali membatasi lingkungan sosialnya karena ia tidak mau melakukan kontak fisik dengan orang lain seperti bersalaman atau berbagi makanan dengan orang lain.

5. Hemophobia

Alaena Alaena Youtube Channel

Hemophobia adalah sebuah rasa takut berlebihan terhadap darah. Seseorang akan merasa histeris ketika melihat bentuk darah secara langung maupun tidak langsung seperti melalui foto, video, atau cerita yang mendeskripsikan darah. Ketika melihat hal tersebut, penderita hemophobia akan merasakan gejala berkeringat, mual, bahkan pusing. Meskipun sudah mendapat gelar sebagai lulusan fakultas kedokteran gigi, Alaena ternyata memiliki ketakutan yang berlebihan terhadap darah. Dalam video terbarunya, Alaena bersama Regi 'Miawaug' membahas tentang rasa takutnya dan pengalaman yang membuatnya menderita hemophobia. Di video tersebut juga Alaena menantang dirinya sendiri untuk melawan rasa takut yang dideritanya.

Video lengkap dari Alaena Handadari bisa kamu tonton di halaman ini ya Famous People! Apa kamu juga mengalami rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu? Tulis di kolom komentar ya Famous People! (nfl)

Video Alaena Handadari Lainnya:

Sering Berdarah Waktu Sikat Gigi? Ini Cara Pencegahannya!
Foto Bareng, Gogogoy dan Alaena Dibilang Cocok
Alaena Resmi Menjadi Sarjana Kedokteran Gigi
Jaga Kesehatan Mulut Kamu, Inilah 6 Hal Penyebab Bau Mulut
3 Penyebab Utama Diabetes Mellitus

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
2
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
1
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
4