gif-atrk

FAMOUS.ID - Mendapatkan pekerjaan adalah sebuah keputusan yang besar dalam hidup. Ketika lulus dari bangku sekolah atau kuliah, kebanyakan orang masih merasa bingung dalam memilih pekerjaan yang benar-benar diinginkan oleh dirinya. Banyak sekali jenis pekerjaan yang ada di dunia ini.

Terkadang seseorang memilih sebuah pekerjaan tanpa memikirkannya dengan matang, akibatnya mereka terjebak dalam pekerjaan yang tidak ia sukai. Agar hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya kamu perhatikan hal-hal berikut dalam memilih sebuah pekerjaan.

1. Minat dan kemampuan

Dream job flickr.com

Setiap orang bebas untuk memilih pekerjaan yang disukai, tetapi sebuah pekerjaan tentu harus sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki seseorang. Apabila seseorang memiliki minat pada sebuah bidang tetapi tidak memiliki kemampuan yang cukup, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengikuti pelatihan terlebih dahulu agar memiliki kemampuan tersebut. Penyedia lapangan kerja juga pasti akan menerima orang dengan kemampuan yang sesuai dengan bidang perusahaannya. Misalnya sebuah perusahaan komputer sedang membutuhkan seorang programmer, tentu mereka akan mencari orang dengan kemampuan programming yang baik. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengenali minat yang ada pada diri kamu dan coba meningkatkan kemampuan dalam bidang tersebut.

2. Lingkungan pekerjaan

Lapangan atau kantoran flickr.com

Mengetahui lingkungan dalam sebuah bidang pekerjaan menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk memilih suatu karir. Apabila kamu adalah orang yang aktif, senang berpetualang, dan tidak suka bekerja di depan layar komputer, ada baiknya memilih pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan lapangan. Sebaliknya, apabila kamu adalah orang yang nyaman dengan office job atau pekerjaan yang menuntut kamu untuk berada di depan komputer dalam waktu yang lama, mungkin pekerjaan administrasi atau kantoran adalah pilihan yang cocok untuk kamu.

3. Ketahui konsekuensinya

planning dream job jisc.ac.uk

Dalam menemukan pekerjaan yang tepat, kamu perlu mengetahui konsekuensi dari sebuah pekerjaan. Setiap pekerjaan memiliki sisi plus dan minus yang berbeda-beda. Apabila kamu memilih pekerjaan di sebuah agency periklanan, maka kamu bisa bebas memakai pakaian apapun tetapi kamu juga harus siap menghadapi waktu kerja yang cukup lama, bahkan hingga tengah malam. Dengan mengetahui setiap konsekuensi yang akan ditemukan dalam sebuah pekerjaan, kamu akan memiliki persiapan dan tidak kaget ketika dihadapkan dalam situasi yang datang.

4. Menjadi entrepreneur

dream job © 2017 famous.id

Apabila kamu sudah mencoba banyak pekerjaan dan sudah mengenal diri kamu sendiri tetapi tidak ada pekerjaan yang benar-benar nyaman untuk diri kamu, mungkin menjadi seorang entrepreneur adalah jawabannya. Menjadi seorang pengusaha berarti memulai sebuah perusahaan sendiri, disini kamu akan menjadi seorang yang bertanggungjawab terhadap diri kamu sendiri. Entrepreneur dapat muncul dari bidang apapun, tergantung dari kemampuan dan hal yang kamu sukai. Saat ini banyak orang yang rajin menekuni hobi hingga akhirnya menjadi sebuah pekerjaan yang menghasilkan.

Itu dia 4 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih pekerjaan. Nah kalau masih kurang, kamu bisa simak obrolan Samsolese dan Rian Adianto dari Befourion dalam video Cakep Cakep Bikin Adem episode 3 ini Famous People! (nfl)

Video Personality Keren Lainnya:

Fasilitas First Class Seat Pesawat Dengan Harga 21 Ribu Dollar
Kreator Ini Bikin Mannequin Challenge di Puncak Gunung
Naik Pesawat Presiden RI, Bayu Skak Dibawa ke Kalimantan Tengah
Fathia Izzati Mengajar Bahasa Inggris
Kaesang Ngetest Kamera Rekam Pak Jokowi Lari Pagi

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
3
Pecah Pecah Active
PECAH
1
Sweet Sweet Active
SO SWEET
2
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0