gif-atrk

FAMOUS.ID - Adam Fabumi, bayi yang viral di media sosial menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu, 22 November 2017. Putra pasangan Kiagoos Herling Kamaludin dan Ratih Megasari ini sudah banyak menginspirasi banyak orang. Adam Fabumi dikenal karena menginspirasi banyak orang karena perjuangannya melawan penyakitnya. Seperti yang diketahui, Adam mengalami kelainan Trisomi 13 atau yang juga dikenal dengan istilah Patau Syndrome.

Sindrom ini memengaruhi perkembangan otak bayi karena nggak terbentuknya saluran pembuangan cairan otak dalam kepala. Hal itu membuatnya harus menggunakan alat bantu untuk bernapas. Adam Fabumi dikenal oleh sebagian orang melalui akun Instagram-nya @adamfabumi yang dikelola oleh kedua orangtuanya. Berikut perjuangan si mungil Adam Fabumi melawan penyakitnya!

1. Adam Fabumi terdiagnosis menderita Dandy Walker Syndrome sejak dalam kandungan. aat menginjak usia 5 bulan, Adam terdiagnosis mengalami Dandy Walker Syndrome. Penyakit ini merupakan penyakit bawaan yang menyerang otak.

 

On the 5th month in my mother's womb I was first diagnosed of having Dandy Walker Syndrome. . . . Dandy Walker Syndrome is a rare group of congenital human brain malformations. The fundamental abnormalities involve the cerabellum which controls muscles coordination. #dandywalker

A post shared by Adam Fabumi Kamaludin (@adamfabumi) on

2. Adam mengalami kesulitan bernapas saat ia lahir. Bahkan ia membutuhkan alat bantu saat pertama ia lahir.

 

This is me, on the first day I went straight to NICU from the delivery room. I didn't cry when I came to the world like others do. So then the doctor discovered that I have difficulties in breathing. Hellooooooooooo I also opened my eyes. 😬😬#trisomy13 #patausyndrome

A post shared by Adam Fabumi Kamaludin (@adamfabumi) on

3. Dokter lalu memutuskan untuk melakkan trakeostomi. Tindakan bedah yang dilakukan untuk membuat lubang yang dimasuki tabung supaya membantu kesulitan bernapas Adam.

 

Video ini diambil tepat setelah aku dioperasi 👶🏻👶🏻 . . . Trakeostomi adalah tindakan bedah yang dilakukan membuat lubang di saluran udara atau trakea untuk memasukkan tabung yang dapat membantu kesulitan bernafas dan mengalami penurunan kadar oksigen yang signifikan atau kegagalan sistem pernafasan. #trisomy13 #patausyndrome #dandywalker #littlewarrior #tracheostomy #laryngomalacia

A post shared by Adam Fabumi Kamaludin (@adamfabumi) on

4. Setelah operasi, Adam mengalami bengkak pada wajah. Bengkak pada wajah tersebut dikarenakan albumin, yakni cairan protein yang rendah.

 

muka ku disini bengkak karena albumin (cairan protein) ku lagi rendah. Albumin rendah bikin kemampuan pembuluh darah menahan cairan menjadi berkurang. Dan juga karena setelah operasi, jadi ada proses catabolisme (metabolisme destruktif). Ps; sprei ku lagi warna pink 😂😂 #patausyndrome #trisomy13 #dandywalker #littlewarrior #raredisease

A post shared by Adam Fabumi Kamaludin (@adamfabumi) on

5. Tepat di usianya menginjak satu bulan, Adam menderita Trisomi 13. Ia memiliki kromosom lebih pada kromosom 13 dan Dandy Walker yang didiagnosis sejak awal adalah bawaan dari Trisomi 13.

 

(24/05/2017) Hari itu, tepat umur aku sebulan dan Papa Mama dapet kabar tidak enak tentang diriku. Makanya di foto ini aku ngejebew hehe.. Singkat cerita, baru diketahui kalau aku memiliki kromosom lebih pada kromosom 13. Kelainan ini dikenal sebagai Trisomy 13 atau Patau Syndrome (untuk lebih jelasnya bisa di-google). Jadi, Dandy Walker yang awalnya diketahui hanyalah sebagian bawaan dari Patau Syndrome ini. Anyways, terimakasih untuk semua yang sudah selalu mendoakan dan memberi support kepada Mama & Papaku ya Tante dan Om! ❤️🙏🏼🍼💦 #adamkuat #raredisease #patausyndrome #dandywalker #trisomy13 #salamkenyot

A post shared by Adam Fabumi Kamaludin (@adamfabumi) on

6. Sejak diketahui mengidap kelainan kromosom atau Trisomi 13, Adam sering keluar masuk rumah sakit. Setiap harinya Adam harus menggunakan ventilator untuk bantuan bernapas.

 

Aku mau cerita, aku sedih banget nihh.. ceritanya tadi aku merasa ada yang foto aku, pas aku melek kirain Mama, taunya malah suster 😫😫 Ternyata Mama & Papa hari ini ga masuk ke NICU karena mereka tiba2 flu dan takut aku ketularan. Jadinya aku merem lagi sedih nge-jebew 😭😭😭😭 • • • Doain Mama & Papaku supaya cepat sembuh ya Om & Tante supaya aku bisa cepet2 ketemu mereka lagiiii 💙🙏🏼💙🙏🏼💙🙏🏼 #salamkenyot #adaminginpulang #trisomy13 #raredisease #patausyndrome #littlewarrior

A post shared by Adam Fabumi Kamaludin (@adamfabumi) on

7. Adam menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu, 22 November 2017. Para netizen yang mengikuti perjuangannya pun turut kehilangan sosok pejuang cilik ini.

 

Assalamualaikum om tante semua.. innalillahi wainnaillaihirajiun, setelah hampir 7 bulan (kurang 2 hari), akhirnya Allah SWT manggil aku utk balik ke sisi-Nya. Aku ngerasa tugasku di dunia utk nemenin mama papa udah selesai dan masa jabatanku sebagai ketua geng komplek jg udh selesai 😊 • • Om tanteku semua yg baik hatinya.. terimakasih banyak yaa udh selalu nemenin hari2ku di Instagram ini. Makasih banyak udh selalu ngedoain dan ngasih support ke keluargaku dari hari kelahiranku sampe dgn hari dmn aku harus tutup usia. Sekarang aku udh bener2 sembuh total looohh trs mukaku jg kece deh bersih gapake sonde2an lagi, klo kata orang2 jd keliatan makin gembul pipinya 🤗 kata mama papa, inshaallah aku dijanjiin tempat di surga nantinya. Trs nanti di sana aku bisa minum gapake sonde lagi dan free dari alat2 medis. Horraayyy 🎉 • • Makasih banyak jg utk om tante yg udah setia nemenin aku sampe ke rumah terakhirku. Aku sekarang udh bisa bobo super nyenyak tanpa dikit2 harus dibangunin buat inhalasi ataupun disuction, pokonya pules deh! 🤗 semoga kehadiranku yg hanya sebentar ini bisa membekas di hati om tante semua yaa. Boleh yaa klo aku titip pesen ke om tante semua utk ttp jaga silaturahmi ke mama papa. Soalnya mama papa blg klo mereka seneng bgt skrg punya banyak temen baru gara2 aku 😎 • • Sekali lg aku ngucapin makasih banyak utk kasih sayang yg om tante kasih ke aku selama ini yaa. Aku bener2 bersyukur bisa dikasih kesempatan utk kenal sama om tante semua 💙 Nah skrg aku pamit resign jadi ketua geng komplek yaa. Aku mau minta naik jabatan jadi ketua geng surga aja hehehe 😇💙 semoga perjalanan hidupku ini bisa menginspirasi semua temen seperjuanganku dan keluarganya. aku sayang om tante semuaa selalu dan selamanyaaa! 💙💙💙 #salamkenyot #trisomy13 #patausyndrome #littlewarrior

A post shared by Adam Fabumi Kamaludin (@adamfabumi) on

8. Kenangan terakhir sebelum meninggal Adam memiliki kenangan manis. Ia menjadi inspirasi RAN untuk membuat lagu berjudul "Melawan Dunia." Dalam video tersebut, Adam juga beberapa kali muncul sebagai bintang video klip.

 

Huaaaaa masih ga nyangka banget sama banyaknya respond positif dari om tante semua yg udah pada nonton VM-nya 'Melawan Dunia' om RAN dan tante Yura kemaren. Kalo kata orang2 sih, video clipnya mengandung bawang.. hmmm 🤔 • • Anyways, aku mama dan papa mau ucapin makasih banyak yaa utk respond yg luar biasa dari om tante semua. Semoga dgn hadirnya 'Melawan Dunia', bisa memberikan sesuatu yg berarti utk om tante, amiinnn! 🙇‍♂️Makasih jg udh selalu doain aku mama dan papa yaa. Semoga segala kebaikan om tante dibalas berkali lipat oleh Allah, amiinn 🙇‍♂️❤🤗 • • Btw, kayanya bisa nih aku join di bandnya om RAN. Klo aku masuk, nanti namanya jadi RAAN! 😜 gimana @ranforyourlife ? 🤔 #salamkenyot #trisomy13 #patausyndrome #littlewarrior

A post shared by Adam Fabumi Kamaludin (@adamfabumi) on

Selamat jalan pejuang cilik Adam Fabumi, yang sudah tenang dan nggak merasakan sakit lagi. Semangat dan perjuanganmu berhasil menginspirasi banyak orang. Yuk simak persembahan terakhir yang sangat manis dari Adam Fabumi dalam lagu 'Melawan Dunia' divideo yang ada di halaman ini Famous People! (non)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
2
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
3
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
1
Hiks Hiks Active
HIKS
4