gif-atrk

FAMOUS.ID - Lagu "Ampar-Ampar Pisang" adalah salah satu lagu anak-anak yang populer di Indonesia. Meskipun lagu ini sudah lama dikenal, tetapi tidak banyak anak-anak maupun orang dewasa yang mengerti makna sebenarnya dari lagu ini. Melalui playlist Nyanyi Bareng di channel YouTubenya, Natasha Chairani bersama Kak Nunu dan Tina Toon akan membahas dan menyanyikan lagu tersebut. Berikut ini 5 makna dibalik lagu Ampar-Ampar Pisang!

1. Berasal dari Kalimantan Selatan

lihat.co lihat.co

Lagu "Ampar-Ampar Pisang" yang populer di Indonesia ternyata berasal dari Kalimantan Selatan. Lagu yang diciptakan oleh Hamiedan AC ini pun memiliki beberapa kata dan makna seputar budaya Kalimantan Selatan.

2. Menceritakan tentang sebuah makanan khas yang terbuat dari pisang

wikimedia.org wikimedia.org

Dibalik lirik lagunya, "Ampar-Ampar Pisang" memiliki sebuah cerita yang ingin disampaikan oleh sang pencipta lagu. Makna lagu ini menceritatkan tentang makanan olahan pisang khas Kalimantan Selatan yang bernama rimpi. Makanan ini dibuat dengan cara diampar (disusun) yang kemudian dibiarkan hingga hampir matang mendekati busuk. Setelah itu, pisang kemudian dijemur di bawah sinar matahari hingga mengeras dan mengeluarkan aroma manis yang khas.

3. Arti dari 'bari-bari'

Natasha Chairani Natasha Chairani Youtube Channel

Apakah kamu tahu arti dari kalimat "Masak sabigi dihurung bari-bari" dalam lagu "Ampar-Ampar Pisang"? Menyambung dari lirik sebelumnya, penggalan lirik ini ternyata menceritakan tentang pisang rimpi yang sedang dijemur dan mengeluarkan aroma manis yang khas. Aroma tersebut kemudian mengundang sebuah jenis binatang bisa terbang yang dikenal oleh masyarakat Kalimantan dengan nama bari-bari.

4. Menakut-nakuti anak-anak yang suka mencuri pisang

wikimedia.org wikimedia.org

Nah, selain menceritakan tentang proses pembuatan pisang rimpi, lagu ini juga memiliki penggalan lirik yang menakut-nakuti anak-anak zaman dahulu. Kisahnya, dalam proses pembuatan rimpi, banyak anak-anak kecil yang seringkali mengambil pisang yang masih dalam proses penjemuran. Oleh sebab ini, lagu "Ampar-Ampar Pisang" dinyanyikan untuk menakut-nakuti anak-anak tersebut dengan lirik "dikitip bidawang" yang berarti "digigit bidawang (semacam kura-kura besar).

5. Makna mengajarkan anak untuk bersabar

pixabay.com pixabay.com

Lagu "Ampar-Ampar Pisang" juga memiliki pesan moral untuk anak-anak zaman dahulu. Menceritakan tentang proses pembuatan pisang rimpi yang tidak mudah, lagu tersebut mengajarkan anak-anak untuk bersabar. Sesuatu yang baik akan didapat dengan dalam waktu yang tidak singkat, sama seperti proses pembuatan pisang rimpi.

Nah, itulah 5 makna dari lagu "Ampar-Ampar Pisang", untuk dapat info lebih lengkap dan nyanyi bareng lagu "Ampar-Ampar Pisang", tonton video dari Natasha Chairani di halaman ini! (nfl)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
1