gif-atrk

FAMOUS.ID - Dalam membuat sebuah konten video di YouTube, permasalahan yang sering terjadi adalah masalah hak cipta, terutama pada konten musik. Hal ini sedang menjadi perdebatan pada jenis konten musik cover. Melihat hal ini, kreator musik Eka Gustiwana memberikan pandangannya mengenai boleh atau tidaknya mengcover lagu orang lain untuk dibuat menjadi sebuah konten baru. Berikut ini hal yang harus dilakukan untuk orang yang ingin membuat video musik di YouTube.

1. Cover tanpa monetize

Eka Gustiwana Eka Gustiwana Youtube Channel

Membuat versi cover dari sebuah lagu populer berarti meminjam sebuah karya orang lain untuk menjadi konten milik kamu sendiri. Hal ini sebenarnya merupakan hal yang sah untuk dilakukan. Hanya saja ketika kamu membuat video music cover di YouTube, sebaiknya jangan mengambil keuntungan dengan menyalakan fitur monetisasi.

2. Jangan menjual hasil cover tanpa izin

3 Cover Lagu

Menjual hasil cover lagu milik orang lain tanpa izin tentu merupakan perbuatan yang melanggar hukum. Jangan pernah menjual hasil cover pada platform digital seperti iTunes, Spotify, atau platform lainnya.

3. Membuat karya sendiri

Bocoran Video Musikal Terbaru Eka Gustiwana Eka Gustiwana Instagram

Dibanding membuat video cover, cobalah untuk membuat karya musik sendiri. Walaupun jumlah viewsnya mungkin tidak akan sebanyak video music cover, tetapi karya tersebut merupakan karya milik kamu sendiri. Kamu juga akan membiliki hak cipta lengkap terhadap karya tersebut.

4. Manfaatkan fitur YouTube

Eka Gustiwana Eka Gustiwana Youtube Channel

Setelah memiliki karya sendiri, kamu bisa menggunakan dan memaksimalkan fitur yang disediakan oleh YouTube untuk memproteksi karya original kamu. Dengan fitur-fitur ini, kamu dapat menghasilkan royalti, hingga mengontrol klaim pada lagu milik kamu sendiri.

Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya, tonton langsung video dari Eka Gustiwana di halaman ini Famous People! (nfl)

Baca Juga:

Eka Gustiwana Bikin Kolaborasi Unik Metallica Feat Rhoma Irama
Vlog Musikal, Eksperimen Kreatif Gabungan Vlog dan Musik Ala Eka Gustiwana
Cover Lagu Katy Perry, Eka Gustiwana Kolaborasi Dengan Kreator Thailand dan Australia
Dari Curhatan Ojol Sampai Galau Percintaan, Mana Lagu Eka Gustiwana Favorite Kamu?
Mulai Dikenal Orang, Keempat Driver Grup Musik "Geng Ojol" Berjanji Akan Tetap Ngojek

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
0
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
1
Hiks Hiks Active
HIKS
0