gif-atrk

FAMOUS.ID - Berbicara tentang kuliner, Indonesia tentu memiliki banyak sekali ragam makanan dari berbagai daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki jenis kuliner yang khas baik dari rasa maupun penampilannya. Dari sekian banyak makanan Indonesia, ternyata ada beberapa jenis kuliner Indonesia yang memiliki kemiripan dengan kuliner luar negeri. Berikut beberapa daftar kuliner Indonesia dan luar negeri yang punya kemiripan dalam penampilannya.

1. Salad dan gado gado

Salad gado gado © 2017 famous.id

Dua jenis makanan ini bisa dibilang serupa tapi tak sama. Salad dan gado-gado sama-sama terdiri dari campuran beberapa jenis sayuran dan berbagai topping yang ditambah dengan saus sebagai pelengkap untuk menikmatinya. Perbedaannya terdapat pada bahan makanan yang digunakan. Salad biasanya menggunakan sayuran, telur, daging, keju, ataupun buah-buahan sebagai bahan makanannya. Sedangkan gado-gado menggunakan bahan makanan khas Indonesia seperti tahu, tempe, dan lontong sebagai pelengkap sayuran yang dipakai. Saus yang digunakan juga berbeda, gado-gado menggunakan saus bumbu kacang sedangkan salad memiliki beragam jenis saus yang bisa menjadi pelengkap hidangan tersebut.

2. Steak dan rendang

steak rendang © 2017 famous.id

Makanan kedua yang bisa dibilang mirip adalah steak dan rendang. Hidangan dari bahan dasar daging sapi ini memiliki kemiripan pada bentuk penyajiannya. Pada dasarnya steak dan rendang merupakan potongan daging sapi yang diolah dengan bumbu dan dimasak dalam waktu yang lumayan lama. Perbedaan antara kedua jenis hidangan ini ada pada cara penyajiannya. Pada steak biasanya dihidangnkan bersama kentang dan sayuran sebagai makanan pelengkapnya. Sedangkan pada rendang, tentu saja orang Indonesia wajib menikmati hidangan ini dengan nasi putih panas sebagai pelengkapnya.

3. Sushi dan lemper

sushi lemper © 2017 famous.id

Makanan khas Jepang ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Sushi merupakan kepalan nasi yang diisi dengan topping tambahan berupa ikan, belut, buah, ataupun kombinasi antara semuanya yang dibalut dengan rumput laut kering. Penampilan sushi ini tentu sangat familiar dan mengingatkan kita pada cemilan khas Indonesia yaitu lemper. Cara pembuatan lemper kurang lebih sama seperti cara pembuatan sushi. Perbedaannya ada pada isian topping, jenis nasi, dan bahan pembalut yang digunakan. Pada lemper biasanya digunakan nasi ketan yang bertekstur lengket dan diisi dengan topping daging ayam, daging sapi, ataupun daging ikan. Bahan pembalutnya menggunakan daun pisang yang membuat harum dan rasa dari lemper memiliki ciri khas tersendiri.

4. Pancake dan kue serabi

pancake serabi © 2017 famous.id

Hidangan sarapan khas eropa ini ternyata tampak serupa dengan kue serabi, cemilan khas Indonesia. Bentuk dan cara penyajian dari kedua hidangan ini memiliki kemiripan yang cukup banyak. Pada pancake dan serabi sama-sama berbentuk bulat pipih dan disajikan dengan beragam toping. Variasi rasanya pun bisa dibilang mirip, pancake dan serabi sama-sama memiliki jenis rasa manis dan asin. Perbedaan antara kedua hidangan ini terdapat pada bahan dan cara memasaknya. Pancake menggunakan bahan dasar tepung terigu, telur, mentaga, dan susu. Sedangkan pada serabi, digunakan tepung beras dan santan sebagai bahan dasarnya. Dari cara memasak, pancake biasanya dimasak menggunakan wajan penggorengan dan kompor, sedangkan serabi menggunakan wajan tanah liat yang dibakar di atas api.

Bicara soal kemiripan kuliner ini, kreator Eka Gustiwana mengangkat tema tersebut dalam video musikal terbarunya. Kali ini Eka berkolaborasi dengan Devina Aureel, Gerry Girianza, dan JWestBros untuk menampilkan persaingan musikal antara kuliner Indonesia dan kuliner mancanegara. Langsung saja tonton video musikal Eka Gustiwana di halaman ini. Setelah menonton, tulis di kolom komentar ya, kamu lebih suka kuliner lokal atau kuliner mancanegara Famous People? (nfl)

 Ikutin yuk survey dari kami!

 

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
5
Pecah Pecah Active
PECAH
1
Sweet Sweet Active
SO SWEET
2
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
3
Hiks Hiks Active
HIKS
0