gif-atrk

FAMOUS.ID - Lagu "Manuk Dadali" merupakan salah satu lagu daerah yang paling populer di Indonesia. Tidak hanya populer di Jawa Barat, lagu berbahasa Sunda ini juga ternyata populer di berbagai daerah di tanah air. Usut punya usut, ternyata lagu "Manuk Dadali" memiliki makna yang hebat dalam liriknya. Bahasan ini dapat ditemukan dalam video terbaru dari Natasha Chairani. Dalam serial "Nyanyi Bareng" bersama Ria Enes, Suzan, dan Kak Nunuk, Natasha bernyanyi dan membahas fakta unik tentang lagu "Manuk Dadali".

1. Diciptakan oleh penyiar radio

Pinterest Pinterest.com

Lagu "Manuk Dadali" diciptakan oleh Sambas Mangundikarta, seorang penyiar radio senior yang dikenal dengan suaranya yang berat dan jelas. Sosok penyiar laki-laki ini mengisi acara-acara di Radio Republik Indonesia (RRI) sejak tahun 80an.

2. Memiliki makna kegagahan dari burung Garuda

Pinterest Pinterest.com

Arti 'manuk dadali' dalam bahasa Indonesia berarti 'burung garuda'. Burung yang menjadi lambang negara Indonesia ini dinilai sebagai hewan yang gagah dan pemberani. Dalam lirik lagu "Manuk Dadali" juga disebutkan bahwa burung garuda merupakan hewan yang menjadi lambang kesatriaan, saling menyayangi, dan berani berkorban demi orang lain.

3. Makna nasionalisme yang kental

Natasha Chairani Natasha Chairani Youtube Channel

Selain menjelaskan tentang kegagahan burung garuda, lirik dari lagu "Manuk Dadali" juga mengandung makna nasionalisme yang sangat kuat. Makna kiasan yang terdapat dalam lirik-liriknya menggambarkan tentang keadaan tanah air Indonesia yang memiliki latar belakang yang beragam dan berbeda, namun dapat hidup rukun, berhimpun tanpa ada iri dan dengki.

Nah, ternyata dalam sebuah lagu anak-anak terdapat makna yang sangat kuat Famous People! Tonton video lengkap dari Natasha Chairani di halaman ini ya! (nfl)

Baca juga:

Nostalgia Mainan Tradisional Indonesia Yang Sudah Jarang di Mainkan
Serial "Nyanyi Bareng", Bedah Lagu Anak Bareng Natasha Chairani
Natasha Chairani Cover Salah Satu Lagu Soundtrack Beauty and the Beast
3 Fakta Menarik dari Lagu "Hold You", Single Terbaru dari JFlow
3 Cover Keren Lagu Khas Lebaran dari Para Konten Kreator

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
0
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
1
Hiks Hiks Active
HIKS
1