gif-atrk

FAMOUS.ID - Untuk masyarakat Indonesia, berkuliah dan tinggal di Singapura menjadi salah satu pilihan populer yang bisa dipilih. Tetapi, perbedaan kurs mata uang bisa membuat biaya hidup sehari-hari terasa lebih mahal. Hal ini juga yang dirasakan oleh Kaesang Pangarep, anak bungsu Presiden Joko Widodo. Sejak SMA, Kaesang sudah bersekolah dan tinggal di Singapura selama 6 tahun hingga saat ini. Bertemu di Singapura, Kevin Hendrawan membuat sebuah video review dan sharing mengenai biaya hidup Kaesang sehari-hari di Singapura. Berikut ini beberapa biaya sehari-hari yang harus dikeluarkan Kaesang di Singapura, mulai dari biaya makan, transport, tempat tinggal hingga biaya kuliah.

1. Biaya makan dalam satu hari

Kevin Hendrawan  Kevin Hendrawan Youtube Channel

Menurut Kaesang, biaya makan menjadi salah satu pengeluaran yang cukup besar untuk hidup di Singapura. Untuk satu kali makan, Kaesang menghabiskan sekitar $5 (kurs 1 dolar Singapura sekitar 10.000 rupiah). Dalam satu hari, ia memilih makan dua kali yaitu makan siang dan makan malam dengan total biaya sekitar $10-13. Biaya ini belum termasuk dalam kebutuhan makanan ringan sehari-hari. Untuk menghemat, Kaesang sengaja tidak sarapan dengan cara tidur kembali setelah ibadah sholat subuh.

2. Biaya transportasi

Wikimedia.org Wikimedia.org

Menurut Kaesang, biaya transportasi di Singapura tidak terlalu mahal. Dengan menggunakan transportasi umum seperti MRT atau bis, ia hanya menghabiskan uang sebesar 2$ per satu kali jalan. Sehingga dalam satu hari perjalanan pulang-pergi, ia harus mengeluarkan uang sekitar $5 dalam satu harinya.

3. Biaya tempat tinggal

Kamar Kaesang Eka Gustiwana Youtube Channel

Biaya tempat tinggal di Singapura juga menjadi salah satu dana yang tentunya harus kamu persiapkan. Untuk sewa tempat kost dengan fasilitas minimum, seseorang harus mengeluarkan uang sebesar $400 setiap bulannya. Berkuliah di Singapuar, Kaesang memilih untuk tinggal di tempat kost sharing bersama temannya dengan biaya $800-1000 per bulan dengan fasilitas AC dan dapur. Kaesang juga memilih tempat tinggal yang dekat dengan lingkungan kampus tempatnya berkuliah.

4. Biaya kuliah

Wikimedia.org Wikimedia.org

Biaya kuliah di Singapura biasanya membutuhkan dana yang cukup mahal. Kaesang menjelaskan untuk satu semester kuliah, mahasiswa harus mengeluarkan uang sekitar $20.000 (sekitar 200 juta rupiah). Tetapi, di kampusnya saat ini, Kaesang merasa beruntung mendapatkan subsidi biaya kuliah dari $20.000 menjadi $1.000 (sekitar 10 juta rupiah) per semesternya. Hal ini bukan karena statusnya sebagai anak Presiden, tetapi karena ia berhasil lolos proses administrasi ketika mendaftar kuliah. Subsidi seperti ini hanya dapat ditemukan di universitas negeri Singapura. Kaesang menambahkan, jika semua berjalan lancar, ia akan lulus kuliah di tahun 2019 mendatang.

Selain biaya yang sudah disebutkan diatas, Kaesang juga mengeluarkan keluh kesahnya menjadi anak kost di Singapura. Ia juga mengaku sudah 4 bulan tidak dikirimi uang oleh Pak Jokowi. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja kamu tonton video terbaru dari Kevin Hendrawan di halaman ini! (nfl)

Baca juga:

Menjawab Kegelisahan Anak SMA Setelah Lulus, Kuliah Atau Langsung Kerja?
5 Ide Pekerjaan dan Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa
Lakukan 3 Hal Ini Untuk Mengobati Penyesalan Setelah Mutusin Mantan
Inilah 5 Orang yang Masih Hidup Setelah Dihukum Mati!
Merinding! Inilah 5 Tempat Paling Angker di Indonesia

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0