gif-atrk

FAMOUS.ID - Memiliki sebuah usaha sendiri merupakan sebuah hal yang menjadi tujuan bagi banyak orang. Dalam prosesnya, memulai sebuah bisnis bukan menjadi hal yang mudah untuk dijalani. Banyak halangan dan tantangan yang harus dihadapi sebelum berhasil mencapai sebuah tujuan yang direncanakan.

Dalam salah satu episode Cakep Cakep Bikin Adem, Fadil, Nina, Rissa, dan Sandra dari Samsolese ID sempat berbincang bersama Ryan Hazairin, seorang entrepreneur yang memiliki banyak bisnis. Untuk kamu yang berniat memulai sebuah usaha sendiri, 6 tips berikut ini bisa kamu perhatikan sebelum melangkah pada tahap eksekusinya.

1. Fokus pada satu peluang

fokus flickr.com

Ketika akan memulai sebuah bisnis, konsep menjadi sebuah hal penting yang harus dipersiapkan. Dalam mencari konsep ini, seringkali ide terus muncul untuk diaplikasikan dalam perencanaan bisnis kamu. Untuk tahap pertama, sebaiknya kamu mulai dari satu hal yang menjadi peluang utama dari bisnis kamu. Fokuskan diri dan perencanaan pada satu konsep yang akan menjadi identitas bisnis awal. Ketika peluang pertama kamu sudah mulai berjalan lancar, kamu dapat mencoba mengambil peluang lain untuk dimulai kembali.

2. Berangkat dari hal yang disukai

bisnis © 2017 famous.id

Ungkapan populer "love what you do, do what you love" merupakan sebuah hal yang perlu diaplikasikan pada kehidupan kamu, terlebih lagi dalam sebuah bisnis. Mulailah bisnis dari hal yang memang kamu sukai. Ketika mengerjakan sebuah hal yang sudah menjadi hobi, setiap pekerjaan yang dilakukan akan terasa seperti tidak sedang bekerja. Kamu akan menikmati segala proses dan perkembangan yang terjadi dalam pekerjaan kamu. Mencontoh dari Ryan Hazairin yang memulai bisnis cuci mobil dan pengharum mobil karena ia memiliki ketertarikan tersendiri pada bidang otomotif. Ketika kamu memiliki hobi lain, cobalah untuk mencaari celah yang dapat dijadikan ide untuk memulai bisnis yang kamu sukai.

3. Temukan ide kreatif yg berbeda

ide pexels.com

Sebuah bisnis akan berjalan lancar ketika ia memiliki sebuah faktor yang dibutuhkan oleh orang lain. Mencari konsep baru dari sebuah hal bisa membuat produk usaha kamu banyak disukai dan dicari oleh orang. Terdapat beberapa metode untuk menuangkan ide atau konsep baru yang dimiliki. Pertama kamu bisa membuat sebuah hal baru yang tadinya tidak ada menjadi sebuah hal baru yang dapat berguna untuk orang lain. Kemudian kamu juga bisa melakukan inovasi baru terhadap sebuah barang yang menjadi barang tersebut memiliki ciri khas baru yang kamu berikan terhadap barang tersebut.

4. Belajar dari orang lain

diskusi pexels.com

Dunia bisnis merupakan sebuah dunia yang sangat dinamis. Banyak hal dapat terjadi dalam bisnis. Setiap bisnis pasti memiliki permasalahan yang berbeda-beda tantangannya. Untuk itu, kamu harus banyak belajar dari orang lain yang sudah terlebih dahulu terjun ke dunia bisnis. Kamu bisa mencoba mengobrol dengan orang lain dalam sebuah komunitas, atau mengikuti pelatihan bisnis yang diikuti banyak pelaku bisnis lain. Dengan ini kamu dapat bertukar pikiran dengan orang lain soal dunia bisnis yang kamu jalani. Hal ini akan memberikan ilmu lebih untuk bekal di masa depan.

5. Belajar dari kegagalan

kegagalan flickr.com

Dalam praktiknya, berbisnis tentu memiliki banyak sekali halangan dan tantangan yang harus dihadapi. Pada perjalanannya tentu kamu akan mengalami berbagai kegagalan yang terjadi dalam perjalanan bisnis. Ketika hal ini terjadi, jangan menganggap kegagalan ini sebagai sebuah akhir dari perjalanan kamu, tetapi tariklah sebuah pelajaran dari kegagalan yang terjadi untuk membuat kemampuan dan pemikiran kamu lebih baik dari sebelumnya. Hal ini akan membuat kamu semakin siap untuk menghadapi berbagai hal yang ada dalam perjalanan bisnis kamu.

6. Bersikap profesional

profesional pexels.com

Kebanyakan orang melakukan bisnis dengan orang yang sudah dikenalnya sejak lama. Tidak jarang orang yang memulai bisnis bersama teman sekolah, teman kuliah, ataupun keluarga. Melakukan hal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ketika berbisnis dengan teman, tentu kita akan merasa sudah dekat dan lebih santai dalam mengelola bisnis. Hal ini menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan lebih jauh. Kebanyakan orang mengalami kegagalan pada bisnisnya karena sikap tersebut. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus selalu bersikap profesional. Walaupun berbisnis dengan orang terdekat yang sudah kamu percayai, tetap lakukan prosedur bisnis kamu secara profesional. Mulai dari pengumpulan modal, penghitungan uang, hingga pembagian hasil, semua harus dilakukan secara profesional. Hal ini akan membuat bisnis kamu tetap terjaga dari hal-hal yang merugikan.

Itulah sedikit tips untuk kamu yang mau memulai bisnis sendiri. Semoga bisa menjadi referensi kamu untuk praktiknya ya Famous People! (nfl)

Ikutin survey kami berikut ini yuk!

 

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
2
Pecah Pecah Active
PECAH
1
Sweet Sweet Active
SO SWEET
3
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0