gif-atrk

FAMOUS.ID - Sebagai warga Indonesia, kadang kita sering merasa bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang sulit. Banyaknya aturan dan kata-kata membuat kamu terkadang pusing untuk mempelajarinya. Tetapi berbeda dengan lima negara ini yang justru sangat antusias dalam mempelajari bahasa Indonesia. Penasaran? Berikut lima negara di dunia yang mempelajari bahasa Indonesia!

1 © pixabay

1. Ukraina

Ukraina merupakan salah satu negara yang merasa bahwa bahasa Indonesia penting untuk dipelajari. Hal ini terbukti dari dibukanya Program Studi Bahasa Indonesia di Taras Shevcenko National University of Kyiv sejak 2013. Pemerintah Indonesia juga tidak segan membayari mahasiswa yang terpilih untuk belajar di program studi tersebut.

2. Australia

Sebagai negara tetangga, Australia merupakan salah satu negara yang bisa dibilang cukup dekat dengan Indonesia. Bukan hanya jarak, banyak turis dari Australia yang liburan hingga tinggal di Pulau Bali. Kedekatan Australia dengan Indonesia membuat Negara Kangguru ini mempelajari bahasa Indonesia. Salah satu perguruan tinggi di Australia bernama University of Southern Queensland juga membuka Program Studi Bahasa Indonesia. Bahkan tidak hanya universitas, banyak sekolah dasar di Australia yang mempelajari bahasa Indonesia. Maka tidak heran jika anak–anak di sana sudah bisa, bahkan fasih berbahasa Indonesia.

3. Jepang

Negara yang satu ini termasuk salah satu negara yang mempelajari bahasa Indonesia. Bukan untuk menjajah kembali, tapi karena Jepang merasa bahwa belajar bahasa Indonesia merupakan hal yang penting teringat banyaknya kerja sama Jepang dengan Indonesia. Tokyo University of Foreign Studies (TUFS) membuka Program Studi Bahasa Indonesia yang menjadi salah satu program studi yang paling diminati. Saingan untuk memasuki program studi ini terbilang sangat ketat karena setiap tahun ajaran baru hanya ada 18 mahasiswa yang berhasil.

4. Korea Selatan

Korea Selatan terkenal karena drama dan musik K-pop-nya di Indonesia. Banyak warga negara Indonesia yang bergaya kekoreaan dan mempelajari bahasa Korea. Namun siapa sangka, negara yang satu ini justru menyukai bahasa Indonesia. Hankuk University of Foreign Studies adalah salah satu universitas di dunia yang memiliki Program Studi Bahasa Indonesia di dalamnya. Salah satu pengajarnya pun asli orang Indonesia yang bernama Tengsoe Tjahjono.

5. Suriname

Sebanyak 14% dari penduduk di Suriname adalah warga negara Indonesia yang berasal dari Jawa. Hal tersebut membuat penduduk di Suriname senang untuk mempelajari bahasa Indonesia.

Itulah beberapa negara di dunia yang menjunjung tinggi Bahasa Indonesia. Jadi, banggalah dengan bahasa Indonesia karena terbukti bahasa Indonesia merupakan bahasa yang disukai oleh banyak negara. Yuk simak ulasan selengkapnya tentang negara di dunia yang menjunjung tinggi Bahasa Indonesia divideo yang ada dihalaman ini Famous People! (non)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
5
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0