gif-atrk

FAMOUS.ID - Ada-ada saja memang kelakuan orang jahil yang gemar membuat berita hoax. Bukan hanya tentang provokasi, rasis, agama sampai kritik pemerintahan tapi juga tentang kesehatan, dari makanan, vaksin, virus, obat-obatan, penyakit sampai produk kosmetik wanita. Sahabat kejadiananeh.com berikut 10 berita hoax kesehatan yang pernah menghebohkan masyarakat Indonesia. Wajib untuk kamu tahu! biar gak lagi dibohongi pakai pesan broadcast BBM maupun informasi pembodohan yang beredar di media sosial.

1. Hoax Penyebaran Virus HIV melalui Tusuk Gigi di Warung Makan

1 © pixabay

Melalui pesan berantai pasti pernah kamu menerimanya dalam broadcast BBM yang bilang ‘Hati-hati menggunakan Tusuk Gigi di restoran ataupun warung makan, karena baru-baru ini ada seorang penderita penyakit HIV/AIDS sengaja menularkan penyakit yang ia derita tersebut dengan cara melukai dirinya terlebih dahulu kemudian tusuk gigi itu ditempeli darahnya dan dibersihkan kembali ke meja makan agar tusuk gigi itu digunakan lagi oleh orang lain. Seolah-olah seorang penderita HIV atau AIDS menjadi hal yang sangat menakutkan buat kita. Hal yang penting yang harus kamu tahu, nggak perlu takut berteman dengan seorang penderita HIV. Seorang yang sehat hanya bisa terkontaminasi penyakit HIV apabila terjadi hubungan seksial tanpa menggunakan kondom. Selain itu transfusi darah, penggunaan alat suntik bergantian/bersama-sama misalkan pada penggunaan narkoba yang disuntikkan lewat darah. Dan seorang ibu hamil yang positif HIV bisa menularkan ke bayinya selama proses kehamilan, persalinan ataupun menyusui.

2. Minum Air Dingin Setelah Makan Bisa Memicu Penyakit Kanker

Lupakan Diet Ekstrem! Lakukan Hal Sederhana Ini Untuk Menurunkan Berat Badan © 2017 famous.id

Ini adalah hoax yang nggak kalah konyolnya! Dalam pesan berantai menyebutkan bahwa kita nggak boleh minum air dingin/es setelah makan karena bisa memicu timbulnya kanker. Dijelaskan kalau air dingin bisa memadatkan kandungan minyak dalam makanan sehingga lama-kelamaan akan melapisi usus, membuat dinding tebal yang lama kelamaan bisa menyebabkan kanker. Faktanya nggak pernah ada hasil penelitian yang mengungkapkan kalau minum air dingin setelah makan dapat menyebabkan kanker. Menurut penelitian panas alami di perut tubuh kita akan membuat semua makanan dan minuman memiliki suhu temperatur sama ketika berada di dalam perut. Jadi biarpun kita minum air es, dinginnya nggak akan bertahan lama di dalam lambung.

3. Cara mengetahui Kerupuk yang digoreng pakai Minyak Plastik

3 © wikipedia

Makanan yang digoreng dengan minyak campuran plastik atau Styrofoam tentu bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Jadi cara untuk mengetahui kerupuk yang dibuat dari campuran minyak plastik mudah banget. Cukup membakarnya, kalau terlihat api menyala dan membekas hitam setelah dibakar itu menandakan kalau kerupuk tersebut mengandung campuran plastik. Apa benar? Faktanya semua krupuk yang dibuat itu kandungannya 75 persen dari Tapioka. Jadi ketika dibakar akan menjadi karbon dan sudah tentu akan menyala dan berubah hitam ketika kita membakarnya. Nggak mudah untuk membedakan krupuk yang dibuat dengan campuran minyak plastik hanya dengan cara membakarnya, karena semua akan seperti itu. Dan hanya melalui penelitian BPOM saja yang bisa membuktikannya. Berita hoax ini tentu saja banyak merugikan para pedagang kerupuk.

4. Tusuk Jari dengan Jarum untuk Pertolongan Pertama pada Penderita Stroke

4 © flickr

Mitos tusuk jarum untuk pertolongan pertama pada penderita Stroke sempat juga dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Disebutkan bahwa menusukkan jarum pada jari-jari pasien stroke, kemudian mengeluarkan darahnya setetes dua tetes bisa membantu pelancaran darah. Penusukan juga bisa dilakukan di area bawah daun telinga. Konon ini bisa melancarkan dan membantu oksigen masuk ke tubuh maupun otak si penderita stroke. Faktanya langkah ini hanya pembodohan saja, karena penyumbatan darah pada penderita stroke sudah terjadi dalam kurun waktu sangat lama. Dimana timbunan kolesterol dan lemak sudah terlalu menumpuk dan terakumulasi selama bertahun-tahun. Melakukan penusukan jari hanya akan menambah masalah baru, yang pertama bisa membuat luka menjadi infeksi akibat penggunaan jarum yang tidak steril, yang kedua hanya menyia-nyiakan waktu sehingga penyakit stroke bisa bertambah semakin parah. Jadi langkah satu-satunya yang tepat pada orang terkena serangan stroke hanyalah segera membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan secepat mungkin.

5. Makan Udang dengan Vitamin C bisa Meninggal Dunia

5 ©wikimedia

Arsenik yang terkandung dalam udang bisa berinteraksi fatal saat kita mengkonsumsi berbarengan dengan vitamin C, sehingga arsenik yang seharusnya tak beracun berubah menjadi racun mematikan karena vitamin C telah mengubahnya. Sudah dilaporkan beberapa kali kasus orang meninggal dunia akibat makan udang berbarengan dengan vitamin C? FYI, selain udang, cumi-cumi dan makanan laut lainnya memang mengandung arsenik, namun jenis arsenik alami pada hewan ini nggak berbahaya pada tubuh manusia. 1 kilogram udang hanya mengandung arsenik sebanyak 0,5 miligram dan untuk bisa menyebabkan keracunan, seseorang harus memakan udang sebanyak 150 kilogram dalam sekali makan. Kaitan dengan vitamin C bisa merubah arsenik pada udang menjadi racun mematikan ini sudah kebohongan besar. Karena vitamin C nggak memiliki kandungan zat yang merubah arsenik menjadi racun mematikan. Justru interaksi vitamin C dengan arsenik trioksida sangat bermanfaat sekali untuk tubuh kita yaitu dapat meningkatkan efektivitas obat alami anti kanker.

Itulah beberapa fakta dan penjelasan dari hoax tentang kesehatan yang sempat beredar di Indonesia. Mulai sekarang lebih cermat dan pintar ya dalam menyaring informasi yang di dapat. Apalagi masalah kesehatan, semakin banyak informasi salah yang disebar bisa membahayakan nyawa banyak orang. Kamu bisa simak keresahan tentang HOAX dari Cameo Project di video yang ada di halaman ini Famous People! (non)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
4
Pecah Pecah Active
PECAH
1
Sweet Sweet Active
SO SWEET
1
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
4
Hiks Hiks Active
HIKS
1