gif-atrk

FAMOUS.ID - Usia remaja menjadi momen penting dalam hidup. Di usia ini, kita akan mulai menghadapi berbagai permasalahan dalam perjalanan mencari jati diri masing-masing. Di usia ini juga kita akan dihadapkan dengan kegalauan dalam mengambil berbagai keputusan seperti memilih sekolah yang tepat, menentukan cita-cita ataupun permasalahan cinta masa remaja. Untuk kamu yang saat ini masih berada dalam usia remaja, tips berikut ini akan berguna untuk diaplikasikan ke dalam kehidupan kamu sehari-hari.

1. Kenali diri sendiri

usia muda flickr.com

Dalam hidup, hal pertama yang kamu harus lakukan adalah mengenali diri sendiri. Pahami siapa sebenarnya diri kamu terlebih dahulu sebelum berusaha memahami orang lain. Apabila kamu sudah mengenali diri sendiri, maka rencana masa depan dan kemauan kamu akan semakin jelas terlihat dan dapat disusun dengan teratur. Mulailah dari hal yang terpenting seperti hal apa yang ingin kamu lakukan setelah sekolah nanti. Setelah kamu mengetahui hal ini, maka keputusan yang akan kamu ambil akan lebih terencana untuk mencapai hal yang kamu cita-citakan.

2. Berani memulai hal baru

domino flickr.com

Jangan takut untuk memulai sesuatu. Segala hal di dunia pasti memiliki sebuah resiko dibaliknya. Untuk membuat usia remaja kamu lebih berarti, cobalah untuk berani memulai sesuatu yang kamu inginkan. Tentunya hal ini dimaksudkan untuk hal yang positif. Kamu bisa mencoba memulai sebuah bisnis kecil-kecilan seperti menjual hasil prakarya sendiri, menjual kue, atau menjual baju yang sudah tidak terpakai. Segala hal pasti dimulai dari sesuatu yang kecil, dan diperlukan keberanian untuk memulai hal tersebut.

3. Berkarya di usia muda

Cakep Cakep Bikin Adem © 2017 famous.id

Di era teknologi ini, akses untuk segala hal dapat didapatkan dengan cukup mudah. Hanya dengan menggunakan smartphone, kamu bisa mengakses berbagai hal yang berguna di internet. Gunakanlah internet untuk hal yang berguna. Kamu bisa mencoba memulai membuat sebuah karya yang kamu senangi. Kamu bisa memulai hal ini dari hal yang menjadi hobi kamu. Apabila kamu memiliki hobi di bidang menulis, cobalah untuk memulai sebuah blog, jika kamu memiliki hobi dalam bidang seni lukis, buatlah sebuah lukisan versi dirimu, jika kamu memiliki hobi dalam bidang film, buatlah sebuah video untuk kamu publish di Youtube. Jangan dulu berpikir apa yang akan kamu dapatkan dari hal tersebut. Kamu hanya perlu berkarya dan mengekspresikan diri kamu melalui karya tersebut.

4. Jangan terbawa arus pergaulan

friendship pixabay.com

Dalam lingkungan pergaulan, tentunya kamu akan menemukan berbagai macam orang dengan sifat yang berbeda-beda, ada yang positif dan ada pula yang negatif. Untuk membatasi diri kamu terhadap hal ini, kamu perlu memiliki kontrol terhadap diri kamu sendiri agar tidak terbawa arus pergaulan yang negatif. Ketika teman-temanmu mengajak kamu untuk melakukan hal yang menurut kamu buruk, jangan ragu untuk menolak hal tersebut. Setiap ajakan dari teman tidak selalu harus kamu ikuti. Sebaliknya, libatkan diri kamu dalam pergaulan yang positif seperti belajar bersama, berorganisasi, atau membuat sebuah inovasi baru untuk sekolah kamu.

5. Pendidikan nomor satu

pendidikan pixabay.com

Di samping hal diatas, pendidikan merupakan hal yang terpenting di usia remaja. Walaupun kamu aktif dalam berbagai kegiatan, sekolah atau kuliah tetap harus jadi bahan pertimbangan utama. Dalam hal ini, kamu harus memiliki kemampuan mengatur waktu yang baik. Bagilah waktu yang kamu miliki dengan rapi dan teratur. Dengan ini, kamu akan memiliki waktu belajar, bergaul, berorganisasi, dan waktu tidur yang cukup dan membuat kehidupan remaja kamu lebih tertata untuk bekal di masa depan.

Untuk kamu yang masih berada di usia remaja, 5 tips diatas pastinya akan sangat berguna untuk masa depan kamu Famous People! (nfl)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0