FAMOUS.ID - Biasanya sistem pemerintahan, atau segala hal yang berhubungan dengan kepemimpinan selalu didominasi oleh kaum pria. Tapi, beda dengan 4 kota yang dikuasai kaum wanita yang menjadi pemimpin, memiliki hak istimewa untuk mengatur tata pemerintahan dan mewariskan harta kekayaan juga keturunan akan diteruskan dari garis keturunan dari sang Ibu. Wah, ada dimana sajakah? Langsung aja simak!

1. Noiva do Cordeiro

Di kota Noiva do Cordeiro, Brazil dihuni oleh 678 orang perempuan. Tapi sayangnya, nggak ada satupun lelaki yang tinggal di kota tersebut. Didirikan sejak tahun 1890 oleh Maria Senhorina de Lima, seorang wanita yang diasingkan oleh Gereja Katolik karena ia dituduh berzina. Tahun demi tahun berlalu, banyak wanita yang menemani Maria dan mereka mendirikan komunitas. Maria pun akhirnya menjadi pemimpin kota tersebut dan semenjak itu prinsip kehidupan masyarakat di Noiva de Cordeira nggak lagi menerima kehadiran laki-laki. Namun, pernikahan nggak dilarang, tapi ada syarat yang cukup berat. Seorang suami hanya boleh mengunjungi istrinya sebulan sekali. Jika mereka nanti memiliki anak, khususnya anak lelaki. Setelah berumur 18 tahun harus pergi angkat kaki meninggalkan kota tersebut dan hanya diperbolehkan mengunjungi ibunya sebulan sekali.

2. Other World Kingdom

The Other World Kingdom yang berada di Republik Cheko. Di tempat ini sistem pemerintahan dikuasai oleh wanita. Laki-laki nggak ada yang mengisi jabatan bagus bahkan bisa dibilang untuk pekerjaan 'biasa' pun nggak ada. Bahkan di tempat ini seorang wanita wajib mempunyai satu orang budak laki-laki. Walaupun sempat menjadi surganya para wanita, untungnya negara ini nggak ada lagi, pada tahun 2008 lalu komite dunia memaksa untuk membubarkan negara tersebut yang sudah berdiri sejak tahun 1996, karena ditemukan banyak pelanggaran HAM dan diskriminasi terhadap kaum pria.

3. Suku Khasi di Meghalaya

Terletak di bagian timur laut India, di suatu desa terpencil bernama Meghalaya terlihat jelas, perbedaan kelahiran bayi laki-laki dengan perempuan. Kalau yang lahir adalah laki-laki reaksi sang Ibu dan keluarganya hanya biasa saja. Tapi berbeda perlakuan kalau yang lahir adalah perempuan, mereka akan tepuk tangan bahkan membuatkan perayaan khusus untuk menyambut kehadiran bayi 'istimewa' tersebut. Ditempat ini juga, bagi para laki-laki jangan pernah berharap ada persamaan hak dan derajat. Mereka ditakdirkan setingkat lebih rendah daripada wanita. Meskipun kewajiban untuk mencari nafkah tetap dilakukan oleh para pria tapi soal mengurus harta kekayaan, kepemilikan dan hak menggunakan nama marga keturunan,tugas wanita semua.

4. Di Arab Saudi, Haramkan Kehadiran Lelaki

Provinsi Al Jawf bagian barat arab saudi mengharamkan kehadiran lelaki, karena desa itu memang diperuntukkan khusus wanita terkait dengan aturan agama yang harus memisahkan pria dan wanita sebelum menikah. Meski seluruh penduduknya wanita, tapi jangan pernah berharap di sini bisa bebas berekspresi semaunya. Bagi para wanita pendatang dan ingin tinggal di desa tersebut ada peraturan berat yang harus dipatuhi. Mengharamkan wanita berpenampilan seksi atau modis yang memperlihatkan 'aurat' dan harus berpakaian tertutup, meskipun mereka sama-sama wanita.

Itulah 4 kota di dunia dimana kaum wanita justru menjadi penguasanya, dari mengatur pemerintahan, pewaris harta kekayaan sampai hak istimewa. Nah buat kamu yang masih penasaran dengan ulasan ini bisa simak selengkapnya di video yang ada di halaman ini, Famous People! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
2
PECAH
0
SO SWEET
0
NICE TRY
1
HIKS
1