gif-atrk

FAMOUS.ID - Pergi berumrah tentunya menjadi impian semua orang yang beragama Islam, selain naik haji ibadah ini juga sangat diimpikan oleh banyak kaum muslim. Namun, sayangnya untuk bisa melakukan ibadah ini, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi kamu benar-benar harus menyiapkan dana yang cukup besar agar dapat pergi umrah.

Tentunya tidak semua orang dapat memiliki biaya sebesar itu dengan mudah. Tapi jangan khawatir karena ada beberapa cara atau tips yang bisa kamu gunakan untuk bisa berangkat umrah, asalkan niat melakukan beberapa hal berikut ini.

Fathia Izzati © Fathia Izzati

1. Bulatkan niat

Niat adalah langkah awal yang harus benar-benar kamu tanamkan sedini mungkin. Dengan adanya niat tentu tujuan kamu ini akan menjadi fokus dan tidak membuat alasan-alasan lagi untuk menundanya.

2. Menabung dengan jumlah yang stabil

Ingat dengan sebuah peribahasa yang menyebutkan "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit" yang artinya usaha atau upaya kecil yang terus-menerus pasti akhirnya akan memberikan hasil. Nah, dengan menabung uang dengan jumlah yang sudah ditentukan dan terus rutin serta stabil, maka dengan perhitungan yang sudah ditargetkan bukan tidak mungkin rencana kamu ini nantinya akan berbuah dengan indah.

3. Gunakan fasilitas pinjaman dari bank syariah

Agar bisa dapat pergi umrah dengan rencana yang sudah kamu targetkan, tidak ada salahnya memanfaatkan sebuah fasilitas pinjaman yang diberikan oleh bank syariah. Hal ini dimaksudkan untuk membantu para calon jemaah agar bisa berangkat lebih cepat. Namun, pastikan pinjaman yang kamu ajukan tidak terlalu banyak jumlahnya sehingga tidak harus membayar cukup lama. Untuk itu menabung juga menjadi salah satu cara untuk membantu meminimalisir pinjaman yang cukup besar.

4. Pilih fasilitas umrah yang sederhana

Biaya umrah juga akan tergantung pada fasilitas yang disediakan pihak agen travel umrah. Pilihlah fasilitas yang sederhana dan tidak perlu terlalu lengkap dan mewah, karena yang terpenting dari tujuan ini adalah niat ibadah kamu untuk umrah dapat tercapai.

Jadi, tunggu apa lagi jika kamu memang sudah punya niat yang cukup besar untuk pergi beribadah umrah. Sekali lagi niatkan hal ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat fokus untuk merealisasikannya. (zie)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
2
Sweet Sweet Active
SO SWEET
6
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0