gif-atrk

FAMOUS.ID - Bagaimana sih langkah awal menjadi seorang YouTubers? Ceritain dong proses pembuatan video itu bagaimana? Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut sering diutarakan untuk para konten kreator video YouTube di Indonesia ataupun di luar negeri sana.

Lewat videonya berdurasi 8 menit berikut ini, Benazio Putra atau yang lebih dikenal dengan panggilan Benakribo, akan kasih tahu kamu proses dari pembuatan sebuah video YouTube. Mungkin terlihat simpel, kamu cukup merekam gambarnya lalu mengupload hasil videonya ke YouTube.

Ternyata tidak sesederhana itu loh proses dari pembuatan video YouTube! Sebagai penonton yang melihat-lihat berbagai macam jenis konten video di YouTube, mungkin akan terasa sangat cepat dengan durasi yang diberikan. Namun bagi si kreator video, justru dengan durasi tersebut butuh proses yang cukup panjang untuk membuatnya.

Lantas, langkah apa saja sih dan bagaimana proses dari awal hingga terciptanya sebuah video yang akhirnya tayang di YouTube? Berikut ulasan secara detailnya dari Benakribo.

1. Mencari ide

Benakribo © 2017 famous.id

Ide itu bisa datang dari mana, kapan dan siapa saja. Terkadang ide bisa muncul dengan mudah, namun juga bisa stack sehingga tidak bisa terpikirkan sedikitpun ide untuk membuat video. Ide yang dibuat juga harus mudah dimengerti, karena jika sulit dipahami bukan tidak mungkin orang akan bingung dengan video yang kamu buat. Membuat ide yang fresh, beda dari yang lain dan juga belum pernah dibuat oleh orang, juga menjadi sebuah tantangan.

2. Menulis ide cerita atau script

Benakribo © 2017 famous.id

Dengan menulis ide cerita yang sudah dibuat, akan sangat membantu sekali dalam proses shooting nantinya. Kamu jadi lebih tahu harus berbicara apa dan paham dengan alur cerita yang sudah dibuat. Memang tidak semua konten kreator video membuat script sebelumnya, ada juga yang dilakukan dengan secara spontan.

3. Mencari properti

Benakribo © 2017 famous.id

Properti adalah barang-barang yang akan mendukung dan juga menambah daya indah dalam konten video kamu, seperti kostum, dekorasi, aksesoris dan juga lainnya. Dengan adanya tambahan properti, detail dari video akan menjadi lebih bagus lagi.

4. Mencari lokasi shooting

Benakribo © 2017 famous.id

Cari tempat untuk dijadikan lokasi shooting dapat disesuaikan dengan ide yang sudah dibuat. Dengan memilih lokasi yang sesuai, cerita dari video akan lebih mengena dan juga visual yang ditampilkan bervariasi sehingga tidak membosankan untuk dilihat. Namun, dalam tahap produksi memilih lokasi juga tidak selalu gampang, ada saja kendala seperti lokasi tersebut tidak boleh dijadikan tempat shooting dan juga tidak selalu gratis untuk digunakan, ada yang harus berbayar.

5. Mencari waktu untuk produksi

Benakribo © 2017 famous.id

Mencari waktu untuk shooting sangat penting agar lebih terorganisir saat menjalankan produksi. Jika dilakukan sendirian, mungkin akan lebih mudah dalam mengaturnya. Namun jika kamu menggunakan bantuan orang banyak di dalam video, tentu menyesuaikan dan juga mencocokkan jadwal dengan yang lain perlu sekali diatur.

6. Mencari teman dalam proses produksi

Benakribo © 2017 famous.id

Ada beberapa ide video yang mungkin eksekusinya tidak bisa kamu lakukan secara sendirian dalam prosesnya, butuh bantuan orang lain ataupun teman. Di sini kamu harus pintar mencari teman dalam membantu proses produksi, agar ada yang membantu dan dapat memahami ide yang sudah dibuat sebelumnya.

7. Mulai proses shooting

Benakribo © 2017 famous.id

Proses produksi atau shooting adalah bagian audio visual dari ide yang sudah dibuat dan ditulis di awal. Dengan sering melakukan shooting video sendirian, kamu akan melatih dirimu menjadi seorang sutradara, kameramen, lighting, audio dan scriptwriter sekaligus. Namun jika kesulitan melakukannya sendirian, kamu bisa minta bantuan teman tentunya.

8. Editing video

Benakribo © 2017 famous.id

Tahap editing video merupakan proses yang dilakukan setelah shooting video, di sinilah proses yang akan cukup menguras waktu, tenaga dan pikiran. Karena pada proses editing biasanya akan membuat frustasi si konten kreator tersebut, jadi perlu mood yang baik dalam tahap ini.

9. Preview video

Benakribo © 2017 famous.id

Setelah proses editing selesai, maka video akan di preview terlebih dahulu. Lihat bagian mana saja yang kurang dan juga mungkin belum pas untuk diperlihatkan. Unjukkan pada teman-teman, minta saran dan juga masukan menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil video yang bagus.

10. Upload dan publish video

Benakribo © 2017 famous.id

Menyiapkan thumbnail image, judul dan deskripsi merupakan proses akhir dari pembuatan video YouTube. Di sini perlu sekali dibuat semenarik mungkin agar orang yang melihat, nantinya ingin menonton sampai habis dari video yang sudah kamu buat. Upload video ke YouTube juga membutuhkan sebuah koneksi internet yang bagus, karena kalau sampai jelek koneksinya, maka akan sangat lama sekali prosesnya. Terlebih jika size file video yang kamu buat berukuran sangat besar.

Itulah langkah-langkah atau proses pembuatan sebuah video YouTube dari awal hingga akhir, bagaimana menurut kamu, mudah atau tidak? Untuk mendengarkan lebih jelas lagi dan ingin tahu beberapa tips tambahan dalam membuat video YouTube, kamu bisa langsung tonton videonya Benakribo berikut ini.

Dijamin! Selain menambah wawasan kamu, siapa tahu setelah menonton videonya sampai habis, kamu justru ingin menjadi salah satu konten kreator atau YouTubers Indonesia. (zie)

Isi survey berikut yuk!

 

Video Keren Benakribo Lainnya:

Salah Satu dari Awkward Moment Ini Pasti Pernah Kamu Alami
Biar Nggak Malu Karena Ketahuan Kentut, Lakukan Beberapa Hal Ini
Mau Sukses Interview Kerja? Ikuti Tips & Trick Dari Creator Ini
Video Tips: Cara Ampuh Mendapatkan Banyak Likes di Instagram
Ujian Kreator YouTube Sebelum Nikah, Simak Cara Mereka Melewatinya

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
2
Pecah Pecah Active
PECAH
3
Sweet Sweet Active
SO SWEET
5
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
2
Hiks Hiks Active
HIKS
1