FAMOUS.ID - Pada zaman dulu Indonesia menjadi salah satu negara yang disegani oleh negara lain terutama negara-negara tetangga. Nggak hanya karena wilayahnya yang luas, Indonesia juga dikenal dengan kekayaan alam yang luar biasa. Tapi tahukah kamu, dalam sejarah Indonesia ternyata tercatat negara-negara ini pernah menjadi bagian dari Indonesia!

Timor Leste

Akibat krisis politik yang panjang dan desakan dari Pemerintah Australia, akhirnya pada tahun 1975 Presiden Soeharto memutuskan untuk memasukkan Timor Leste ke dalam wilayah Indonesia dan menjadikan wilayah Timor Leste menjadi provinsi ke-27. Namun, pada tahun 1999, dengan banyaknya kelompok pro kemerdekaan di wilayah Timor Leste membuat Presiden BJ Habibie memutuskan untuk melepas wilayah ini dan menjadi negara sendiri yang sekarang dikenal dengan nama Timor Leste.

Brunei Darussalam

Menurut catatan bahwa pada abad ke 9 wilayah Brunei Darussalam dikuasai Kerajaan Sriwijaya. Tapi, Kerajaan Majapahit yang berambisi untuk melaksanakan Sumpah Palapa untuk menyatukan wilayah Nusantara akhirnya melakukan perluasan ke Kalimantan Utara dan berhasil mengambil alih wilayah Brunei Darussalam.

Malaysia

Letaknya yang strategis menjadikan wilayah Malaysia menjadi perebutan bagi banyak kerajaan di masa lampau. Sejarah mencatat Kerajaan Sriwijaya pernah menguasai wilayah ini pada abad VIII.

Singapura

Pada zaman dulu negara ini bernama Temasek ini nggak terlalu mendapat perhatian karena nggak memiliki kekayaan alam. Namun, dalam buku Negarakertagama karangan Empu Prapanca menyebutkan kalau Temasek pernah menjadi salah satu wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit pada waktu itu.

Kamboja

Pada abad ke 7, Kerajaan Sriwijaya yang melakukan invasi ke wilayah utara berhasil menguasai wilayah yang saat ini bernama Kamboja. Bukti ini diperkuat dengan ditemukan prasasti di Tepi Sungai Mekong.

Filipina

Kerajaan Majapahit yang saat itu dipimpin oleh Patih Gajah Mada berhasil menguasai wilayah Mindanau, Filipina. Hal itu juga masuk dalam salah satu tujuan Patih Gajah Mada dalam Sumpah Palapa yang ingin menyatukan wilayah Nusantara kala itu.

Itulah beberapa negara yang dahulu ternyata masuk menjadi bagian dari negara kita, Indonesia. Pasti nggak ada yang menyangkanya kan. Namun, karena banyak hal, mereka memutuskan untuk memerdekaan diri dari Indonesia. Nah, buat kamu yang masih penasaran dengan ulasan ini yuk simak penjelasan lengkapnya divideo berikut, Famous People! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
1
PECAH
0
SO SWEET
0
NICE TRY
0
HIKS
0