gif-atrk

FAMOUS.ID- Surya Sahetapy adalah anak dari pasangan Ray Sahetapy dan Dewi Yull yang juga seorang penyadang disabilitas. Meskipun memiliki keterbatasan itu nggak menyurutkan keinginan Surya untuk memperjuangkan hak-hak orang tuna rungu di Indonesia.

MANTAN TUNARUNGU BICARA  oleh Surya Sahetapy © 2018 famous.id

Ia merasakan sulitnya sebagai seorang tuna rungu di Indonesia. Dalam video unggahannya di YouTube, Surya juga menceritakan pengalamannya saat memesan makanan di sebuah restoran, saat ia tinggal di luar negeri ketika ia mau memesan makanan dan sang pelayan tau kalau Surya adalah seorang tuna rungu, ia segera mencari secarik kertas dan pulpen untuk memudahkan surya memesan makanan.

MANTAN TUNARUNGU BICARA  oleh Surya Sahetapy © 2018 famous.id

Beda halnya dengan di Indonesia saar pelayan mengetahui ia seorang tuna rungu mereka malah mengalihkan pesanan ke pelayan lain atau berbicara dengan nada yang tinggi bahkan berteriak. Hal itu sangat membuatnya menjadi kurang nyaman.

Untuk itu Surya mengajak masyarakat untuk belajar bahasa isyarat. Mungkin dengan mengedukasi masyarakat mengenai cara berinteraksi akan mempermudah masyarakat memahami maksud dari penyandang disabilitas. Nah buat kamu yang mau tau lebih lengkap bisa tonton video selengkapnya di halaman ini Famous People!(non)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
3
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0