gif-atrk

FAMOUS.ID - Saat ini, praktik bullying masih banyak ditemukan di dalam pergaulan remaja Indonesia. Banyak korban yang merasa tertekan namun tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika menghadapi bully. Membahas tentang hal ini, 8PM memberikan beberapa tips dalam video terbarunya. Berikut ini 5 tips melawan bully dari 8PM!

1. Speak up

8pm © 2018 famous.id

Banyak korban bully yang merasa tidak mampu melawan dan akhirnya merasa kalah dari si pembully. Hal ini seharusnya tidak terjadi. Jika kamu mengalami bully, cobalah untuk melawan dengan omongan. Coba sampaikan pada si pembully dan sadarkan bahwa hal yang dilakukannya itu salah dan tidak baik.

2. Cerita ke orang terdekat

8pm © 2018 famous.id

Orang terdekat kamu tentu harus tahu apa yang sedang kamu alami. Cobalah untuk bercerita mengenai masalah kamu pada orang terdekat mulai dari orangtua, teman, pacar, ataupun saudara. Siapa tahu orang-orang terdekat kamu dapat membantu mencari solusi permasalahan yang sedang kamu alami tersebut.

3. Laporkan

8pm © 2018 famous.id

Jika kamu mengalami bully, jangan takut untuk melaporkan hal yang kamu alami. Jangan takut untuk dianggap pengecut, pengadu, atau apapun. Laporkan masalah kamu ke orangtua atau pun guru di sekolah. Jika kamu tidak melaporkan, si pembully akan terus melakukan hal tersebut dan memberikan kerugian pada banyak orang.

4. Percaya diri

8pm © 2018 famous.id

Biasanya, bully terjadi karena si pembully melihat korbannya adalah target yang lemah. Hal ini tentu saja bisa dicegah. Jadikan diri kamu menjadi sosok yang berani dan percaya diri. Dengan ini kamu tentu akan berani menghadapi dan terhindar dengan adanya bully.

5. Minta maaf

8pm © 2018 famous.id

Mengapa minta maaf? Jika kamu sedang menjadi korban bully, cobalah berbicara dengan sang pembully dan meminta maaf. Tanyakan alasan mengapa ia melakukan hal tersebut dan minta maaf jika kamu punya kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja. Mungkin saja setelah kamu melakukan hal ini, si pembully akan sadar dan berhenti melakukan hal tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, tonton langsung video dari 8PM di halaman ini! (nfl)

5 Tipe Kocak Tukang Parkir di Indonesia
Siap Move On! Inilah 7 Cara Mudah untuk Melupakan Mantan
Lulu Anggriani Suarakan Pesan Stop Bullying Melalui Film Pendek "Senja"
Miris! Inilah 5 Kasus Bullying yang Berakhir Tragis
Inilah 4 Kasus Cyberbullying Berujung Kematian Tragis

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
0
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
1
Hiks Hiks Active
HIKS
0