gif-atrk

FAMOUS.ID - Tidak dapat dihindari lagi, saat ini Youtube telah menjadi platform video online terbesar di dunia. Youtube sudah menjadi alternatif bagi seseorang untuk mencari sebuah hiburan. Sejak terbentuknya pada tahun 2005, Youtube telah mengalami berbagai perubahan mulai dari bentuk tampilan, bentuk peraturan, hingga bentuk konten yang terdapat di Youtube.

Bagaimana dengan dunia Youtube Indonesia? Fenomena Youtube di Indonesia memang baru muncul dalam beberapa tahun kebelakang. Di setiap tahunnya terdapat juga perubahan dari konten kreator maupun penontonnya. Di tahun 2017 ini Eno Bening membuat sebuah prediksi soal situasi Youtube Indonesia di tahun 2017. Wah apa aja sih bang Eno?

1. Youtube bukan cuma hiburan

Eno Bening Eno Bening Youtube Channel

Selama ini Youtube di Indonesia dianggap sebagai sebuah platform hiburan bagi masyarakat. Melalui Youtube, orang dapat mengakses macam-macam video lucu, trailer film, dan bentuk hiburan lainnya untuk sekedar melepas rasa bosan. Tetapi seiring berjalannya teknologi, kegunaan Youtube terus melebar. Kini Youtube bukan hanya tempat untuk hiburan saja, tetapi kita dapat menemukan berbagai konten di Youtube seperti berita, politik, campaign, hingga sebuah gerakan masyarakat yang dimulai melalui Youtube.

2. Genre baru di Youtube

Eno Bening Eno Bening Youtube Channel

Pada tahun ini, diprediksikan akan muncul banyak genre baru di Youtube. Konten-konten yang tadinya tidak ada di dunia Youtube Indonesia, kini mulai muncul. Jenis konten yang ditujukan untuk anak-anak akan mulai meningkat peminatnya, seperti review mainan anak, makanan anak, hingga tutorial membuat mainan hand made.

3. Perubahan penonton

Penonton youtube pexels.com

Seperti kreatornya, penonton Youtube Indonesia juga mengalami perubahan dalam perilakunya. Penonton yang merasa bosan terhadap jenis konten yang sudah ada sebelumnya kini mulai mencari jenis-jenis konten baru. Hal ini bisa jadi motivasi untuk para kreator untuk selalu mengeluarkan ide-ide fresh dan out of the box untuk para penontonnya.

4. Semakin banyak pemain baru di Youtube

New Media flickr.com

Pertumbuhan konten kreator di Indonesia telah mengalami peningkatan yang sangat pesat dibandingkan tahun lalu. Terbukti lebih dari 300 kreator yang berpartisipasi dalam video Youtube Rewind Indonesia 2016 yang disutradarai oleh Reza Oktovian dan Chandra Liow. Di tahun 2017 ini, diprediksikan akan makin banyak pemain baru di dunia Youtube. Jenis pemain baru ini akan lebih beragam. Kreator yang muncul bukan hanya seorang konten kreator individu melainkan akan banyak sebuah portal media massa dan perusahaan-perusahaan besar yang memulai channel Youtubenya.

Well, itu dia beberapa prediksi Youtube Indonesia pada tahun 2017 dari Eno Bening. Menurut kamu Youtube Indonesia bakal jadi seperti apa? Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa nonton langsung videonya disini Famous People! (nfl)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
2
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0