gif-atrk

FAMOUS.ID- Hoax selalu jadi pembicaraan mengehebohkan. Gara-gara hoax banyak terjadi kekacauan besar yang bisa merugikan banyak orang. Jadi nggak heran kalau akhirnya penyebar hoax diancam hukuman penjara. Sejak era media sosial, hoax memang semakin mudah menyebar. Dampaknya, banyak keramaian nggak beralasan terjadi. Dengan adanya ancaman serius bagi penyebar hoax, tetap masih banyak orang yang menyebarkan hoax di akun media sosialnya. Berikut ini ada beberapa alasan orang menyebarkan berita hoax!

cara terhindar dari hoax © youtube shabila gadis

1. Bangga Jadi yang Pertama Kali Menyebarkan

Menjadi orang yang pertama kali menyebarkan sesuatu di media sosial jadi suatu kebanggaan tersendiri. Karena alasan ini, banyak pengguna media sosial nggak memperhatikan apakah apa yang mereka sebarkan itu benar atau bohong.

2. Suka Berbagi, Malas Membaca

Bagi sebagian orang, membagikan postingan di media sosial adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain bebas berekspresi, di media sosial juga orang merasa jadi diri sendiri. Menyedihkannya, minat berbagi ini nggak diimbangi dengan minat membaca yang tinggi.

3. Gemar Mencari Sensasi
Saat menemukan sesuatu yang menghebohkan, banyak orang yang secara refleks membagikan suatu postingan. Tanpa mencari tahu beritanya asli atau hoax, yang penting cari sensasi dengan membagikan berita yang heboh. Bahkan, banyak juga orang yang memang menyadari itu hoax, tapi tetap membagikannya. Semua demi sensasi, demi agar dikenal dan kepuasan diri sendiri.

4. Nggak Tahu Itu Hoax
Sebagian di antara penyebar hoax, banyak yang nggak tahu apa itu hoax. Mereka tahunya hanya membagikan postingan orang karena tertarik dengan judul, foto, atau isinya saja. Tujuannya sih mulia, supaya orang lain juga tahu kabar tersebut. Tapi sayangnya, dia nggak tahu kalo itu hoax.

5. Ikutan Tren
Semakin banyak dibicarakan dan semakin banyak dibagikan, maka akan semakin viral sebuah video atau postingan orang. Dampaknya hal itu seolah menjadi tren. Karena ingin ikutan tren yang sedang ramai, jadi mereka pun ikut menyebarkannya.

Namanya juga media sosial. Kalo penggunanya terlalu fokus hanya untuk membuat pencitraan, pasti saja ada hoax yang disebarkan. Padahal hoax sangat berbahaya lho, bisa menyebabkan kehilangan harta, reputasi, bahkan nyawa. Jadi nggak heran jika kemudian penyebar hoax dikenakan ancaman hukum. Ulasan tentang berita bohong atau hoax juga bisa kamu simak divideo dari Gita Savitri Devi yang ada di halaman ini Famous People!(non)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
1
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0