gif-atrk

FAMOUS.ID - Baru-baru ini dunia dihebohkan dengan adanya keraguan soal bumi itu bulat. Banyak orang yang beranggapan bahwa bumi itu datar, tapi faktanya belum ada yang bisa menjelaskan kenapa bumi itu datar. Anggapan bumi itu datar mungkin bisa dikarenakan mereka melihat bumi tersebut datar. 

Lalu kenapa bagi kita sebagai manusia, melihat bumi itu terlihat datar? Video dari Kok Bisa channel ini akan menjelaskan pertanyaan tersebut. 

Kenapa bumit terlihat datar - flat earth © 2016 famous.id

Menurut Kok Bisa, bumi memang tidak benar-benar berbentuk bulat sempurna. Bumi berbentuk agak lonjong atau oblate spheroid. Kok bisa menjelaskan bumi terlihat datar karena ukurannya yang sangat besar, berbeda dengan daya jangkau mata manusia yang terbatas. Mungkin inilah yang membuat munculnya keraguan di penghuni bumi yang meragukan bentuk bumi yang bulat. 

Menurut Kok Bisa, pertanyaan mengenai bentuk bumi itu memang sudah ada sejak zaman dahulu. Mesir kuno contohnya yang pernah berfikir bahwa bumi berbentuk kotak, dan leluhur Yunani yang menganggap bumi berbentuk seperti mangkuk. Sampai akhirnya teknologi dan para ilmuan membuktikan bahwa bumi memang berbentuk bulat, meskipun tidak sempurna. 

Jadi, isu mengenai flat earth yang ramai dibicarakan di sosial media hanyalah sebuah isu saja. Berikut penjelasan lengkap di video dari Kok Bisa ini. (hfd)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
3
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
3
Hiks Hiks Active
HIKS
2