gif-atrk

FAMOUS.ID - Setiap malam mungkin kita sudah biasa melihat satelit alami yang terus bersinar, yaitu bulan. Namun, kita masih asing dengan teknologi yang disebut dengan satelit buatan. Kalau kamu menggunakan teleskop ke atas langit pada malam hari, maka kamu akan melihat puluhan satelit.

Selain menemani bulan, satelit itu memiliki banyak sekali kegunaannya. Sebagai peneropong luar angkasa, alat navigasi, dan alat pengamat cuaca. Kalau suatu saat satelit terjatuh atau rusak, mungkin komunikasi di bumi akan sangat kacau.

Lalu, bagaimana cara satelit bisa melayang dan tidak terjatuh dari langit?

kok bisa? kok bisa?

Jadi, supaya satelit bisa mengelilingi bumi sesuai dengan orbit yang ada, harus memiliki kecepatan yang cukup untuk mengimbangi gaya sentripetal pada badan satelit dan juga gaya gravitasi bumi supaya satelit tidak terjatuh. Kecepatannya harus sesuai, karena kalau terlalu lambat bisa jatuh ke bumi, kalau terlalu cepat bisa terlempar dari orbitnya.

Posisi orbit satelit dibagai menjadi tiga berdasarkan jaraknya dari bumi. Ada Low Earth Orbit (500-2.000km), Medium Earth Orbit (8000-20.000km), dan Geosynchronus Orbit (35.786km). Kecepatan satelit paling cepat bisa sampai 28.000 km/jam.

Jadi, itu dia cara agar satelit tidak terjatuh ke bumi. Semoga saja satelit tidak mengalami gangguna apa-apa dan bisa selalu membantu kinerja dari teknologi komunikasi di bumi ini. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung aja tonton di video dari Kok Bisa? yang satu ini. (drp)

Ikutin survey kami berikut ini yuk!

 

Video Kok Bisa? Lainnya:

Ini Dia yang Akan Terjadi Jika Seluruh Es di Bumi Mencair
Ini Dia Hubungan antara Golongan Darah dan Sifat Manusia
Alasan Mengapa Kita Benci Suara Sendiri
Ini Dia Alasan Mengapa Cewe Gampang Marah Menjelang Datang Bulan
Ini Dia Hal Yang Terjadi Jika Manusia Lenyap Dari Bumi

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
0
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
1
Hiks Hiks Active
HIKS
0