gif-atrk

FAMOUS.ID- Belum hilang duka mendalam akibat gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala yang menelan banyak korban jiwa maupun luka-luka. Kini banyak berita hoax yang bertebaran di media sosial melalui broadcast message tentang gempa yang diperkirakan akan terjadi di Jakarta.

BISAKAH KITA MEMPREDIKSI GEMPA  © 2018 famous.id

Nggak tanggung-tanggung dalam broadcast yang tersebar, Jakarta disebutkan akan diguncang gempa dengan kekuatan sebesar Megathrust Magnitudo 8,7. Banyak netizen yang menanyakan kebenaran kabar yang tersebut. Walaupun banyak yang berharap kalau gempa megathrust itu adalah hoax. BMKG pun nggak tinggal diam, mereka menjelaskan hal ini. Kali ini Crack An Egg akan menjawab keingin tahuan netizen seputar rumor yang berkembang.

Crack An Egg mengatakan, kalau BMKG telah menjelaskan, karena wilayah Indonesia terletak di zona pertemuan lempeng tektonik aktif hal itu yang membuat Indonesia jadi rawan gempa bumi. Karena itu pula pemerintah dan para pakar gempa termasuk BMKG menerbitkan buku berjudul 'Peta Sumber dan Bahaya Gempa Bumi Indonesia' di tahun 2017.

BISAKAH KITA MEMPREDIKSI GEMPA  © 2018 famous.id

Dilansir dari liputan6.com, dalam peta tersebut di informasikan kalau hasil kajian, zona tumbukkan zona tumbukan antara Lempeng Indo-Australia dan Eurasia, yang menunjam masuk ke bawah Pulau Jawa disebut sebagai zona megathrust, dan proses penunjaman lempeng tersebut masih terjadi dengan laju 60-70 mm pertahun. Meski para ahli mampu menghitung perkiraan Magnitudo maksimum gempa di zona megathrust, akan tetapi teknologi saat ini belum bisa memprediksi dengan tepat.

Untuk penjelasan lengkap seputar bencana alam gempa bumi dan tsunami bisa simak ulasan lengkapnya dari Crack An Egg di video yang ada di halaman ini, Famous People! (non/vrc)

Bikin iri, inilah 5 fakta atlet muda berprestasi dengan 105 medali
Sukma Galuh Prasetyo atlet muda berprestasi dengan 105 medali!
Crack An Egg ngomongin kekayaan Crazy Rich Indonesian di dunia nyata
Ke mana ayahnya? 4 Fakta unik di balik lukisan keluarga Khong Guan!
Nonton nggak ya? Simak review film Wiro Sableng dari Crack An Egg!

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
0
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0