FAMOUS.ID- Buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah, memang terkadang untuk datang ke sekolah di pagi hari sampai menghabiskan waktu hampir setengah hari di sekolah terasa sangat membosankan. Tapi ada banyak hal yang membuat sekolah nggak akan terasa menyiksa lagi untuk dijalani lho. Salah satunya adalah dengan mendesain bangunan sekolah yang bisa membuat para murid jadi merasa nyaman dan betah. Seperti apa sih? Intip sama-sama yuk, yakin deh kamu bakal pengin balik ke masa-masa sekolah.

1. Kelas dari pesawat bekas di Georgia

Dengan sedikit modifikasi dan renovasi, bekas pesawat ini dapat disulap sebagai hotel, restoran, atau bahkan sekolah lho! Seperti sekolah yang ada di Rustavi, Georgia, ini. Sekolah yang dipimpin oleh Gari Chapidze ini dibangun dari bekas pesawat Yakovlev Yak-42. Tujuan penggunaan bekas pesawat ini adalah untuk menumbuhkan rasa ingin tahu pada anak-anak. Yah seperti yang kita tahu, tombol fungsi pada panel kontrol pesawat ada ribuan!

2. Kolam di tengah kelas, di Jepang

Di taman kanak-kanak Dai Ichi Yochien Preschool, Kumamoto, Jepang, terdapat sebuah sekolah yang atap bagian tengahnya sengaja dibiarkan terbuka. Karena atap ini dibiarkan terbuka maka setelah hujan akan terbentuk kolam di tengah kelas dan menjadi wahana bermain para murid. Di hari yang cerah, bagian tengah sekolah beratap terbuka ini dapat dijadikan lapangan badminton atau sepak bola.

3. Sekolah alam di Bali

Di Indonesia sebetulnya telah dibangun beberapa sekolah alam namun sekolah yang terletak di Bali ini cukup mencuri perhatian. Sebab The Green School Bali ini terbuat dari bambu dengan nuansa alam yang kental. Seluruh material yang digunakan oleh sekolah ini adalah material alami. Sekolah ini juga menggunakan panel surya sebagai sumber energi. Benar-benar sekolah alam deh.

4. Sekolah tanpa kelas di Denmark

Di Orestad Gymnasium, Denmark, nggak ada kelas berdinding yang membuat para murid merasa terkungkung. Sekolah ini menyediakan kelas terbuka dilengkapi dengan bantal dan sofa. Konon ruang studi dalam sekolah ini sengaja didesain serupa dengan tujuan untuk mendorong murid lebih bertanggungjawab pada pendidikan mereka sendiri. Para guru hanya mengisi kelas setengah hari. Proses belajar mengajar di sekolah ini juga dilakukan secara digital dengan menggunakan komputer, iPad, dan aplikasi Google.

5. Sekolah tanpa dinding di Jepang

Di taman kanak-kanak Fuji Yochien, Jepang, juga memiliki kelas yang nggak memiliki dinding yang membatasi pergerakan muridnya. Bangunan sekolah ini pun unik karena hanya melingkar dan terdapat pohon yang tumbuh di tengahnya. Bahkan anak-anak juga dibiasakan untuk menata sendiri ruang kelas seperti apa yang mereka inginkan. Seru banget ya!

Itulah beberapa sekolah dengan desain bangunan unik di dunia. Selain desain unik sekolah-sekolah di atas juga memberikan fasilitas seru dan anti mainstream. Bisa banget dicontoh nih untuk sekolah-sekolah di Indonesia lainnya biar para murid bisa belajar dengan nyaman dan nggak bosen ya. Selain daftar sekolah di atas, ada beberapa sekolah dengan desain unik dan fasilitas kreatif lainnya lho. Penasaran? Langsung aja simak video yang ada di halaman ini, Famous People!(non)

REAKSI KAMU

EPIC
1
PECAH
0
SO SWEET
0
NICE TRY
0
HIKS
0