FAMOUS.ID - Salah satu hal yang harus dihadapi oleh para job seeker adalah tahap interview atau wawancara. Pada tahap ini, tidak sedikit para pencari kerja yang merasa gugup hingga akhirnya tidak lolos tahap tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan yang matang untuk menghadapi tahap interview. Nadia Nesa adalah seorang konten kreator yang juga bekerja sebagai HR di salah satu perusahaan swasta. Dalam video terbarunya, cewek asal Padang ini membahas mengenai tips dalam menghadapi interview kerja. Berikut ini 7 hal yang harus disiapkan untuk menghadapi proses interview kerja!

1. Perhatikan setiap detail

Di era modern ini, undangan interview biasanya akan dikirimkan melalui platform surat elektronik atau e-mail. Ketika kamu mendapatkan undangan interview, biasakan untuk memperhatikan setiap detail yang tercantum dalam undangan tersebut, mulai dari venue, waktu, keperluan dokoumen, hingga dress code yang harus dikenakan. Jangan sampai kamu salah tanggal atau salah waktu untuk datang ke sesi interview tersebut.

2. Kepoin perusahaan

Setelah mendapatkan undangan interview, hal kedua yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu segala informasi mengenai perusahaan yang kamu lamar. Hal ini bisa didapatkan melalui website perusahaan, media sosial, atau artikel berita mengenai perusahaan tersebut. Dengan mencari informasi ini, kamu bisa sedikit mengenal bidaya dari perusahaan dan dapat menyesuaikan diri ketika proses interview nantinya.

3. Siapkan outfit yang sesuai

First impression adalah hal yang paling penting ketika tahap interview. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah outfit yang kamu kenakan ketika bertemu dengan pewawancara. Sesuaikan outfit kamu dengan jenis perusahaan yang ada. Ketika kamu diundang untuk wawancara di perusahaan yang cenderung formal, kenakanlah blazer atau setelan jas yang bersifat resmi. Berbeda dengan interview di perusahaan media atau kreatif yang lebih bersifat fun dan casual.

4. Datang lebih awal

Persiapkan diri kamu sebelum melakukan wawancara. Datanglah ke tempat wawancara lebih awal, minimal 15 menit sebelum waktu yang ditentukan. Waktu yang tersedia dapat kamu gunakan untuk ke toilet, merapikan baju, dan mengatur nafas setelah perjalanan.

5. Proses interview

Saat akhirnya tiba waktu wawancara, jabat tangan pewawancara dengan santai. Perkenalkan diri kamu secara singkat, sopan, jelas dalam intonasi maupun suara, dan percaya diri. Ketika memperkenalkan diri, kamu juga bisa menambahkan kegiatan kamu di luar pekerjaan yang dapat menambah nilai dari diri kamu. Hal ini akan membuat pewawancara lebih tertarik pada diri kamu.

6. Fokus pada pertanyaan

Fokus pada setiap pertanyaan yang diberikan akan membuat diri kamu lebih bernilai di mata pewawancara. Jangan sampai pewawancara mengulang pertanyaan yang diberikan. Sebaiknya kamu juga sudah mempelajari mengenai jabatan yang sudah kamu lamar sebelumnya.

7. Enjoy the conversation

Kunci terakhir dalam tahap interview adalah nikmati prosesnya. Anggaplah interview ini sebagai sebuah diskusi 2 arah, jangan hanya menjawab pertanyaan dari pewawancara. Dengan ini, kamu akan merasa lepas, nyaman, dan percakapan akan lebih mengalir.

Nah, semoga sukses ya, simak penjelasan lengkapnya di halaman ini Famous People! (nfl)

3 Video Seru Jalan-Jalan ke Tempat Keren di Wilayah Sumatra Barat
“Ama” Satu Persembahan Lagu untuk Hari Ibu dari YouTuber Minang
4 Tips Ngevlog dengan Menggunakan Handphone!
Inilah 4 Fakta Unik Tentang Budaya Orang Minang

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
0
SO SWEET
0
NICE TRY
0
HIKS
0