gif-atrk

FAMOUS.ID - Mungkin ini agak terdengar mustahil namun benar adanya. Di dunia hewan, menghasilkan keturunan atau anak tanpa berhubungan sex adalah hal yang biasa. Ada istilah yang bisa digunakan untuk menyebut fenomena ini, yaitu parthenogenesis. Hewan yang termasuk dalam parthenogenesis, bisa menghasilkan keturunan tanpa bantuan pejantan. Ada banyak hewan yang memiliki kemampuan parthenogenesis, 5 di antaranya akan dijelaskan di bawah ini.

1. Laba-Laba Goblin

Aneh bin Ajaib!!! 10 Hewan Yang Bisa Bereproduksi Tanpa Berhubungan Sex  © BAHASDUNIA

Laba-laba, hewan berkaki delapan ini memang menakutkan. Mungkin di antara kalian ada yang menderita arachnophobia atau fobia dengan laba-laba? Nggak perlu khawatir, karena ada banyak orang di dunia yang memang fobia dengan laba-laba. Jika menurut kalian laba-laba saja sudah menakutkan, ada satu kabar buruk lagi yang bisa membuat kalian tambah takut. Laba-laba bisa berkembang biak secara aseksual. Untungnya, nggak semua laba-laba itu aseksual. Ada satu spesies laba-laba yang diketahui mampu berkembang biak secara aseksual, laba-laba tersebut adalah Oonopidae atau Laba-laba Goblin. Laba-laba Goblin ukurannya sangat kecil, hanya 1 sampai 3 mm. Aslinya ditemukan di Iran lalu menyebar luas di Eropa. Saat ini tidak pernah ditemukan Laba-laba Goblin betina, ini membuat para ilmuwan berasumsi bahwa laba-laba ini berkembang biak secara parthenogenesis.

2. Ular Boa Constrictor

Aneh bin Ajaib!!! 10 Hewan Yang Bisa Bereproduksi Tanpa Berhubungan Sex #BAHASDUNIA ©  BAHASDUNIA

Parthenogenesis bukanlah sesuatu yang baru di dunia ular. Sudah diketahui banyak spesies ular, terutama mereka yang betina, masih bisa bertelur walaupun nggak dibuahi oleh ular jantan. Tapi, ketika pertama kali parthenogenesis terjadi, tentu ini sangat mengejutkan banyak orang. Kapankah parthenogenesis pada ular terjadi untuk yang pertama kalinya? Tahun 2010 adalah tahun di mana dunia dikejutkan dengan parthenogenesis yang terjadi pada ular. Ular Boa constrictor adalah jenis ular pertama yang berhasil berkembang biak secara aseksual. Ular boa ini ditempatkan di kandangan yang penuh dengan jantan. Ajaibnya, ular tersebut melahirkan bukan hanya 1, melainkan 2 anak.

3. Lebah Madu Cape

Aneh bin Ajaib!!! 10 Hewan Yang Bisa Bereproduksi Tanpa Berhubungan Sex ©  BAHASDUNIA

Ada sebanyak 20.000 spesies lebah madu yang tersebar di beberapa negara di dunia. Mayoritas lebah madu ini bereproduksi secara normal di mana lebah jantan kawin dengan lebah betina. Tapi, ada satu spesies lebah madu yang mampu berkembang biak tanpa membutuhkan peran lebah jantan. Lebah madu Cape atau Cape Honeybee adalah satu-satunya spesies lebah madu yang diketahui bereproduksi tanpa bantuan lebah jantan atau istilahnya parthenogenesis. Lebah madu Cape merupakan lebah yang banyak ditemukan di Afrika Selatan, mereka bereproduksi dengan teknik yang dinamakan thelytoki. Lebah tetap bisa menghasilkan telur tanpa adanya pembuahan oleh lebah jantan. Ketika telur menetas, semua lebah yang keluar adalah betina.

4. New Mexico Whiptail

Aneh bin Ajaib!!! 10 Hewan Yang Bisa Bereproduksi Tanpa Berhubungan Sex  © BAHASDUNIA

Sejumlah hewan invertebrata atau hewan tak bertulang belakang memang banyak yang diketahui bisa bereproduksi dengan cara parthenogenesis, tapi tidak dengan hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang. Adalah hal yang langka apabila hewan vertebrata bisa berkembang biak secara aseksual, seperti yang terjadi pada Kadal New Mexico Whiptail. FYI, Kadal New Mexico Whiptail semuanya berjenis kelamin betina, nggak ada yang jantan. Pernah dilakukan kawin silang antara Striped Whiptail dengan Western Whiptail. Sayang, kadal jantan yang dihasilkan tidaklah dalam kondisi sehat. Ketiadaan kadal jantan tidak membuat populasi Kadal New Mexico Whiptail punah. Kadal betina masih bisa bertelur maksimal 4. Dan yang menetas adalah kadal betina juga.

5. Cacing Pipih

Aneh bin Ajaib!!! 10 Hewan Yang Bisa Bereproduksi Tanpa Berhubungan Sex ©BAHASDUNIA

Ada banyak jenis cacing pipih yang ada di dunia. Cacing pipih Schmidtea polychroa adalah salah satu jenis cacing pipih yang kini sedang diamati dengan seksama oleh para peneliti. Kenapa? Schimidtea polychroa adalah satu dari sekian banyak spesies cacing pipih yang mampu berkembang biak secara parthenogenesis. Perlu kalian ketahui, cacing pipih adalah hewan yang hermaprodit atau hewan berkelamin ganda. Meski demikian, mereka mampu memproduksi telur secara polipliod dan parthenogenesis. Hal yang mengejutkan adalah cacing pipih bisa menghasilkan sperma haploid. Para peneliti menemukan bahwa baru 12% populasi cacing pipih yang bisa bereproduksi secara parthenogenesis.

Itulah beberapa hewan yang bisa berkembang biak tanpa perlu dibuahi. Ajaib banget ya! Nah, kalau kamu masih penasaran selain hewan di atas, masih ada beberapa hewan yang bisa berkembang biak tanpa perlu dibuahi lho, penasaran? Langsung aja yuk, simak ulasan selengkapnya di video yang ada di halaman ini Famous People! (non)

Video Discover Lainnya:

7 Hewan Eksotis Yang Banyak Dipelihara
10 Hewan Dengan Warna Paling Aneh dan Unik di Dunia
5 Kucing Paling Lucu yang Hits di Instagram
7 Hewan Aneh Sekaligus Lucu Ini Nyata Lho!
Inilah 5 Hewan yang Dipercaya Memiliki Mitos Mengerikan!

 

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
5
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
1
Hiks Hiks Active
HIKS
0