gif-atrk

FAMOUS.ID - Dalam rangkaian produksi sebuah video, proses editing merupakan proses akhir yang sangat penting. Ketelitian, kecepatan, dan gaya editing seorang editor akan mempengaruhi hasil akhir dari video yang dibuat. Proses editing merupakan proses akhir yang memakan waktu lama dalam sebuah produksi.

Menjadi seorang konten kreator tentu tidak terlepas dari kegiatan editing video yang sudah jadi kegiatan sehari-hari. Terlebih jika seorang kreator tersebut baru menekuni dunia editing, tidak jarang banyak pertanyaan dan berbagai kesulitan muncul dalam prosesnya. Untuk kamu yang sedang bingung terhadap dunia editing, berikut ini 5 tips editing video yang biasa dilakukan oleh profesional.

1. Rapikan materi project

Editing flickr.com

Ketika mengedit sebuah project, data-data gambar yang sudah terkumpul biasanya dipindahkan begitu saja tanpa ada pemilihan dan penggolongan kategori gambar. Hal ini membuat sebuah project video memiliki sumber data mentah di berbagai tempat yang akan membuat kita bingung dalam mencari sumber data gambar, musik, atau grafis. Untuk menanggulangi hal ini sebaiknya biasakan membuat sebuah folder pusat ketika akan memulai suatu project. Folder tersebut digunakan sebagai sumber utama dari data-data yang akan digunakan dalam proses editing. Kamu bisa menyimpan data-data berdasarkan kategorinya seperti video, foto, grafis, musik, sound effect, dan lainnya. Hal ini akan membuat project video kamu lebih terorganisir dan menghemat waktu dalam akses pencarian data.

2. Gunakan custom keyboard shortcut

editing Ezra Pradipta Youtube Channel

Kemampuan mengedit dengan cepat dan fleksibel merupakan faktor utama yang diperlukan dari seorang editor. Kadang kecepatan mengedit akan terhambat karena jauhnya tombol shortcut yang ada pada software editing yang digunakan. Terdapat beberapa software editing yang memiliki fitur custom keyboard shortcut dimana kamu bisa mengatur shortcut keyboard sesuai dengan keinginan. Adobe Premiere Pro adalah salah satu software editing yang mendukung fitur ini. Dalam mengedit dengan Adobe Premiere Pro, terdapat sebuah trik shortcut yang memungkinkan shortcut editing hanya dilakukan oleh tangan kiri saja. Kreator Ezra Pradipta membuat sebuah video tutorial tentang hal ini di channelnya. Kamu bisa menonton langsung video penjelasan 5 cara cepat editing dari Ezra di halaman ini.

3. Variasi shot

Variasi shot flickr.com

Kepuasan visual menjadi hal yang penting dalam sebuah video. Sebisa mungkin, pengambilan gambar dalam sebuah video harus selalu menarik dalam setiap pergantian gambarnya. Kamu bisa mencoba menggunakan berbagai angle dalam sebuah adegan gambar. Selain itu kamu juga dapat menggunakan berbagai trik editing yang dapat membuat sebuah gambar menjadi menarik seperti efek zoom, efek transisi yang unik, ataupun efek grafis yang ditambahkan dalam video. Teknik pemenggalan video pun harus diperhatikan, jangan sampai sebuah gambar muncul terlalu cepat ataupun terlalu lama dalam sebuah adegan.

4. Gunakan grading warna

Colour grading vimeo.com

Mengatur warna dalam sebuah gambar dapat menjadi poin yang membedakan mood dalam sebuah video. Dengan mengatur warna, rangkaian adegan dapat terasa membawa kesan ceria, sedih, ataupun menegangkan. Untuk melatih hal ini kamu bisa mencontoh dari berbagai film atau video yang dapat ditemukan di Youtube. Terdapat bermacam-macam teknik grading warna dari mulai grading manual, lumetri, hingga preset yang sudah tersedia.

5. Memilih format output yang tepat

pixabay.com pixabay.com

Langkah terakhir yang harus dilakukan dalam sebuah proses editing video adalah membuat rangkaian editing menjadi sebuah file. Ketahui dulu video yang sudah kamu buat akan digunakan untuk apa. Apakah untuk diupload ke channel Youtube, untuk keperluan video instagram, atau untuk dipertontonkan di sebuah acara? Setiap keperluan memiliki spesifikasi output yang berbeda, sehingga kamu perlu memilih format yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu. Contohnya jika video ini akan kamu upload di Youtube, maka aturlah format video dengan karakteristik yang dapat digunakan untuk Youtube mulai dari format file, durasi, dan besarnya resolusi dari video. Berbeda jika kamu berniat mengupload sebuah video ke instagram. Instagram membatasi durasi video hingga 1 menit sehingga kita pun harus memperhatikan hal-hal yang harus diatur sesuai dengan platform yang akan dipakai.

Nah itu dia 5 tips editing video yang biasa dilakukan oleh profesional. Semoga tips ini bisa bantu kamu dalam urusan mengedit ya Famous People! (nfl)

Video Tips Keren Lainnya:

Tips Agar Hasil Selfie Terlihat Menarik
Tips Move On dari Gaga Muhammad
5 Hal Yang Dilakukan Cewek Yang Disukai Cowok
Tips Ini Harus Kamu Tonton Sebelum Berangkat Traveling
Tips Packing Untuk Para Backpacker

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
0
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
1
Hiks Hiks Active
HIKS
0