gif-atrk

FAMOUS.ID - Rutin melakukan fitness atau work out merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan atau mendapatkan bentuk badan yang proporsional. Akan tetapi, seringkali terdapat beberapa kesalahan yang secara tidak sadar dilakukan oleh para pemula ketika melakukan fitness. Dalam video terbarunya, kreator dan nutritionist Alvin Hartanto membagi pengalamannya soal 5 kesalahan fitness yang seringkali dilakukan oleh para pemula. Berikut ini daftarnya!

1. Pola makan yang salah

Alvin Hartanto Alvin Hartanto Youtube Channel

Ketika melakukan fitness, banyak orang hanya memperhatikan gerakan atau jumlah beban yang digunakan ketika berolahraga. Nah, ternyata salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi pembentukan badan adalah pola makan. Ketika melakukan fitness, seseorang harus memiliki tujuannya terlebih dahulu, apakah ingin menurunkan berat badan, membakar lemak, atau membentuk otot. Berbeda tujuan tentu berbeda juga pola makan yang dipilih.

2. Pola latihan

Alvin Hartanto Alvin Hartanto Youtube Channel

Pastikan pola latihan yang digunakan sudah benar. Tidak sedikit orang melakukan fitness tanpa mengetahui dasar dan gerakan apa yang harus dilakukan. Sebaiknya, cari tahu terlebih dahulu informasi mengenai gerakan yang ingin dilakukan melalui buku ataupun internet. Setelah mendapatkan program yang cocok, lakukan program latihan tersebut selama minimal 4 minggu sebelum melakukan latihan dengan program lain. Selain itu, lakukan latihan secara bertahap, gunakan beban dari yang ringan ke berat secara perlahan.

3. Suplemen

Alvin Hartanto Alvin Hartanto Youtube Channel

Asupan suplemen tambahan juga seringkali menjadi kesalahan umum yang banyak dilakukan para pemula. Pilihlah susu protein yang cocok dengan program latihan kamu. Ketika kamu memiliki tujuan untuk menambah berat badan, pilih suplemen protein yang cocok dan tidak berlebihan. Ketika kamu bertujuan untuk membakar lemak maka pilih juga suplemen yang cocok.

4. Kurang istirahat

Alvin Hartanto Alvin Hartanto Youtube Channel

Kesalahan umum lain yang seringkali dilakukan adalah kurangnya tidur atau istirahat. Faktanya, otot terbentuk saat tubuh beristirahat atau tidur. Ketika tubuh kita mendapatkan istirahat yang cukup, maka kualitas dan jumlah otot yang terbentuk pun akan berkembang dengan lebih baik.

5. Terlalu membandingkan diri dengan orang lain

Alvin Hartanto Alvin Hartanto Youtube Channel

Hal ini juga menjadi kesalahan para pemula yang seringkali ditemukan. Banyak orang yang membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Perlu diketahui bahwa tubuh dan otot setiap orang memiliki jenis dan bentuk yang berbeda-beda. Jadi, ketika orang lain berhasil mendapatkan hasil dalam waktu yang sangat singkat, jangan lantas membandingkan diri dengan orang tersebut. Bisa jadi itu merupakan faktor tubuh yang berbeda. Lakukanlah latihan dengan maksimal dan fokus pada diri sendiri.

Nah itu dia 5 kesalahan fitness yang sering dilakukan oleh para pemula. Untuk lebih lengkapnya, tonton langsung video dari Alvin Hartanto di halaman ini! (nfl)

Baca juga:

5 Gerakan Home Workout Praktis Untuk Membentuk Perut Six Pack!
4 Tips Untuk Membuat Kamu Semangat Berangkat ke Tempat Gym
5 Gerakan Untuk Mendapatkan Bentuk Perut yang Six Pack
5 Makanan yang Kamu Harus Hindari Kalau Lagi Membentuk Otot Badan
4 Makanan Pembentuk Otot Tubuh Pria

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
0
Pecah Pecah Active
PECAH
3
Sweet Sweet Active
SO SWEET
1
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
4
Hiks Hiks Active
HIKS
1