gif-atrk

FAMOUS.ID - Untuk kamu yang baru lulus SMA dan melanjutkan ke bangku kuliah, di bulan Agustus ini mungkin menjadi awal perjalanan kamu di dunia perkuliahan. Kehidupan perkuliahan tentu akan memiliki pola dan lingkungan yang berbeda dengan dunia sekolah. Bahkan, tidak sedikit juga diantara kalian yang menuntut ilmu di luar kota tempat tinggal kalian. Nah, untuk mempersiapkan diri merantau sebagai mahasiswa baru, Kiflyf TV punya beberapa tips untuk kamu nih di video terbarunya!

1. Kenali seluk beluk kota tempat kuliah kamu

KIFLYF TV KIFLYF TV Youtube Channel

Untuk bisa bertahan hidup di kota yang baru kamu kenal, kamu tentu harus tahu dan mengenal seluk beluk kota tersebut. Hal ini bisa dimulai dari mencari tahu letak bandara, stasiun, lingkungan sekitar kampus, dan tempat tinggal kamu. Dengan lebih mengenal lingkungan sekitar, kamu tentu akan lebih betah untuk tinggal di kota tersebut.

2. Ketahui transportasi publik di kota tersebut

KIFLYF TV KIFLYF TV Youtube Channel

Ketika memasuki perguruan tinggi, sebagian besar mahasiswa luar kota akan memutuskan untuk tinggal di sebuah rumah kost yang dekat dengan kampus tujuan. Karena setiap harinya kamu akan berkuliah dan beraktivitas di sekitar kampus, tentu saja transportasi adalah yang perlu kamu ketahui di kota tersebut. Cobalah untuk mencari tahu jarak dari tempat kost ke kampus, kendaraan umum yang bisa digunakan, hingga biaya dari fasilitas-fasilitas tersebut.

3. Mengenal karakteristik kampus

KIFLYF TV KIFLYF TV Youtube Channel

Sebagai mahasiswa baru, kamu akan memasuki sebuah lingkungan baru yang belum kamu ketahui sebelumnya. Sebaiknya kamu kenali dulu karakteristik dan letak dari kampus perguruan tinggi yang akan kamu kunjungi setiap harinya. Mulailah mencari tahu tentang denah lokasi kampus, gedung-gedung fakultas kampus, dan juga fasilitas-fasilitas yang tersedia di kampus kamu. Mengetahui hal ini akan membuat kamu nyaman dalam menjalani perkuliahan di lingkungan baru.

4. Sosialisasi dengan teman baru

KIFLYF TV KIFLYF TV Youtube Channel

Tips selanjutnya adalah lakukanlah sosialisasi sebanyak-banyaknya. Ketika masuk ke dunia perkuliahan, kamu akan dihadapkan dengan sebuah inisiasi dan orientasi yang lebih dikenal dengan nama ospek. Pada saat ini kamu harus menggunakan masa-masa ospek untuk mencari teman sebanyak-banyaknya. Cobalah berkenalan dan bersosialisasi dengan orang dari banyak jurusan, tempat asal, dan karakteristik lainnya. Hal ini akan bermanfaat bagi kehidupan kamu di kota tersebut kedepannya.

5. Pintar mengatur keuangan

KIFLYF TV KIFLYF TV Youtube Channel

Tinggal sendiri berarti kamu akan bertanggungjawab terhadap diri kamu sendiri, mulai dari kesehatan, kebersihan, hingga keuangan. Mulailah mengatur keuangan kamu selama berkuliah. Atur pendapatan dan pengeluaran dalam sebuah catatan agar kamu bisa mengetahui pengeluaran apa saja yang sudah dipakai dan menghindari sifat boros. Dengan ini, walaupun kamu anak kost, kamu tidak akan khawatir ketika menghadapi akhir bulan karena segala pengeluaran sudah teratur.

Nah, itulah 5 tips untuk mempersiapkan diri sebagai mahasiswa baru di kota lain. Penjelasan lengkapnya bisa kamu tonton nih di video Kiflyf TV di halaman ini! Semoga bisa bermanfaat ya Famous People! (nfl)

Baca juga:

Rekomendasi 5 Video Challenge Seru Dari Kreator Famous ID Minggu Ini
Nekat Lakukan 3 AM Challenge, Kreator Ini Tersesat di Tengah Hutan
Video Prank Kocak: Ada yang Lihat Adik Saya Nggak?
Kiflyf TV: Ini Jadinya Kalau Main-Main Sama Polisi!
Video Challenge: Basah-basahan Seru dalam "Dizzy Waiter Challenge"

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
0
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
2
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0