FAMOUS.ID-Isu tentang kesetaraan gender antara wanita dengan pria masih sering diperdebatkan bahkan hingga saat ini. Meskipun begitu, di beberapa negara jaman dahulu mengalami masalah kesenjangan gender yang beda. Beberapa wilayah seperti Roma, Yunani, Mesir, India memberikan kebebasan, batasan, dan juga kebiasaan yang berbeda terhadap kaum wanitanya yang mungkin nggak kita ketahui sebelumnya. Apa saja ya kira-kira? yuk simak ulasan lengkapnya!

1. Hak cerai

Pada jaman dahulu Yunani memang nggak menganggap wanita sebagai penduduk, jadi hak dan kebebasan yang wanita Yunani miliki pun cukup terbatas. Tetapi beda hal jika seorang wanita ingin bercerai. Ketika wanita ingin bercerai, mereka membutuhkan perwakilan pria yang dapat membantu untuk mengurusi perceraian tersebut. Sedangkan pria lebih absurd lagi, mereka bahkan hanya perlu mengusir istrinya keluar dari rumah kalau mereka ingin bercerai.

2. Boneka

Pada jaman Kerajaan Romawi, gadis-gadis disana dikawinkan saat mereka baru berumur 12 tahun. Meskipun nggak bisa menikmati masa kanak-kanak yang lama, tapi mereka tetap punya mainan. Salah satunya adalah boneka kayu yang “mirip” dengan Barbie, dan ditemukan di peti seorang gadis bernama Crepereia Tryphaena. Crepereia hidup pada abad 2 di Roma.

3. Kedudukan tinggi wanita Mesir

Di Mesir wanita dapat memegang peranan tinggi, atau disebut juga God’s Wife of Anum. God’s Wife of Anum, adalah gelar kehormatan untuk wanita yang mendampingi pendeta tinggi dalam upacara keagamaan. Uniknya, di Mesir jarang seorang wanita menjadi ibu rumah tangga, dan mereka cenderung bergabung dengan masyarakt serta memiliki profesi seperti musisi, penari, dan banyak lagi.

4. Pendidikan bagi wanita

Kebanyakan wanita diajarkan baca dan menulis. Tapi, ada beberapa keluarga yang ingin kaum wanitanya berpendidikan luas, jadi mereka memanggil guru privat untuk mengajarkan tata bahasa dan filsafat Yunani. Mereka berpendapat kalau semakin tinggi pengetahuan yang dikuasai seorang wanita, maka mereka akan menjadi pendamping yang lebih menarik bagi suaminya, dan membuat wanita tersebut lebih berpengaruh.

5. Kebebasan memilih suami

Di India jaman dahulu, seorang wanita memiliki kesetaraan yang sama dengan pria. Wanita India memiliki hak untuk memilih suami yang dia inginkan, dan juga bebas menentukan sendiri kapan dia akan menikah.

Itulah 5 fakta tenang wanita di zaman kuno. Hak asasi untuk wanita adalah suatu hal yang sudah seharusnya disetarakan dengan pria apalagi di zaman modern seperti saat ini. Nah buat kamu yang masih penasaran, yuk simak ulasan selengkapnya di video yang ada di halaman ini Famous People!(non)

REAKSI KAMU

EPIC
1
PECAH
0
SO SWEET
0
NICE TRY
1
HIKS
0