gif-atrk

FAMOUS.ID - Awal tahun 2018, YouTube mengumumkan peraturan terbaru mengenai program YouTube Partner. Untuk bisa memasang iklan di channelnya, kreator harus memenuhi syarat sudah mencapai 4.000 jam jumlah watchtime dalam 12 bulan terakhir dan memiliki 1.000 subscribers. Peraturan ini akan mulai berlaku untuk seluruh channel mulai dari tanggal 20 Februari 2018. Hal ini tentunya akan memberikan berbagai macam dampak pada dunia YouTube Indonesia. Mungkin saja hal-hal di bawah ini akan terjadi ketika peraturan baru YouTube ini sudah resmi diberlakukan!

1. Jumlah konten kreator menurun

Wajib Tonton! Inilah 7 Kreasi YouTube Rewind Indonesia 2017 dari Kreator Indonesia! © 2017 famous.id

Kebijakan baru 1.000 subscribers dan 4.000 jam watchtime akan memberi dampak langsung pada para kreator yang baru memulai karirnya menjadi seorang YouTubers. Untuk mencapai angka tersebut, dibutuhkan dedikasi dan konsistensi yang tinggi dari para kreator. Hal ini akan membuat beberapa kreator yang hanya iseng dan jarang mengupload video menjadi merasa malas dan meninggalkan YouTube. Selain itu, para kreator yang masih berkembang pun harus memberi tenaga ekstra untuk mencapai persyaratan yang sudah ditetapkan.

2. Kemungkinan jumlah reuploader malah bertambah

youtube pixabay.com

Peraturan baru YouTube mengenai monetisasi ini dimaksudkan untuk membuat ekosistem YouTube yang sehat dan terbebas dari channel yang tidak bertanggungjawab. Dengan peraturan yang ketat, diharapkan jumlah channel reuploader akan menurun karena kesulitan untuk mendapatkan uang dari YouTube. Akan tetapi, hal ini juga dapat menyebabkan situasi sebaliknya. Berbeda dengan konten kreator, para reuploader dapat mengupload berbagai macam video tanpa mempedulikan isi konten hanya untuk mencapai jumlah views dan subscribers yang menjadi persyaratan dari YouTube. Serba salah bukan?

3. Menjamurnya 'sub 4 sub'

sub 4 sub Derral Eves Youtube Channel

Salah satu peraturan baru dari YouTube adalah mengharuskan kreator untuk memiliki minimal 1.000 subscribers di channelnya. Sudah bisa dipastikan bahwa hal ini akan memunculkan kembali tren 'sub 4 sub' yang banyak dilakukan oleh kreator. Istilah ini merupakan istilah yang sering digunakan para kreator sebagai ajakan untuk saling melakukan subscribe ke channel masing-masing. Bersiap saja untuk melihat kolom komentar dipenuhi dengan kalimat ajakan 'sub 4 sub'.

4. Beli subscribers

pxhere.com pxhere.com

Dengan syarat jumlah subscribers yang cukup tinggi, tidak menutup kemungkinan banyak orang yang rela melakukan hal apapun untuk mendapatkan subscribers, termasuk dengan membeli subscribers secara ilegal. Hal ini tentu bisa memberikan jumlah subscribers untuk para kreator agar dapat lolos persyaratan untuk memonetisasi channelnya. Namun, hal ini memiliki resiko yang tinggi, karena setiap bulannya, pihak YouTube rutin melakukan maintenance dan pembersihan akun-akun YouTube yang tidak aktif dan mencurigakan, termasuk subscribers yang sudah kamu beli sebelumnya!

Menurut kamu, hal apa lagi yang akan terjadi akibat peraturan baru YouTube? Tulis di kolom komentar! (nfl)

Baca Juga:

Tantangan Untuk Para Kreator, YouTube Perketat Peraturan Monetisasi Channel
Selain Tide Pod Challenge, Inilah Beberapa Challenge Berbahaya yang Memakan Korban!
Jangan Ditiru! Viral Tren Berbahaya "Tide Pods Challenge" yang Bisa Membuat Keracunan
5 Video Cover Instagram Bianca Jodie Sebelum Jadi Kontestan Indonesian Idol!
5 Hal Tentang Dolores O'Riordan yang Belum Kamu Ketahui!

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
1
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
0
Hiks Hiks Active
HIKS
0