gif-atrk

FAMOUS.ID - Kuliah bisa jadi memberikan pengalaman baru, menarik dan menyenangkan. Tetapi, masa-masa kuliah juga bisa penuh dengan tekanan. Kebanyakan hal itu terjadi karena sebagai mahasiswa baru, kita tidak tahu apa yang harus dihadapi. Dijamin, pergaulan kita saat kuliah bakal lebih luas daripada saat masih duduk di bangku sekolah. Makanya, ada beberapa perbedaan yang bakal atau sudah kita rasakan ketika menjadi mahasiswa. Inilah 4 perbedaan pertemanan ketika kita masih jadi pelajar SMA dengan ketika jadi mahasiswa nanti!

Senior vs junior?

Sebelum Ospek, Kenali Dulu 14 Tipe Senior Ini © 2016 famous.id

Please deh! Udah enggak jaman kalau senior bergaul dengan senior aja atau junior dengan junior aja, seperti di SMA. Kalau di kuliah, kita bisa satu geng sama senior sekaligus junior kita, lho. Kalau di SMA, senior sama junior mungkin sering berselisih dan punya geng masing-masing. Tapi, saat di kuliah, kita bakal lebih berbaur, kok.

Enggak banyak drama

Pertama Kali Coba Makanan Khas Betawi, Bayu Skak Ditemani Anak Artis © 2016 famous.id

Saat di sekolah, kalau ada satu teman kita berbuat salah, kita langsung memutuskan untuk memusuhinya satu geng. Tapi, kalau sudah duduk di bangku kuliah dan seiring bertambahnya usia, kita dan teman-teman bakal berpikir lebih dewasa. Bisa dibilang juga, kita cenderung cuek kalau ada teman yang bermasalah dalam geng. Kebanyakan cara berpikir mahasiswa adalah selama si teman itu enggak mengganggu kehidupannya, maka enggak perlu dijauhi atau dimusuhi.

Tempat nongkrong favorit

ngobrolin birokrasi bikin video bareng crack an egg dan prankies id © Youtube

Persahabatan mahasiswa itu biasanya punya tempat nongkrong favorit. Walau cuma di kampus aja, pasti sekelompok mahasiswa yang bersahabat itu punya spot khusus. Misalnya, di kantin atau di taman kampus. Bisa juga tempat nongkrong alias base camp itu berada di kosan teman atau juga di kafe tertentu di dekat kampus.

Lebih dari satu geng

teman teman wikimedia.org

Karena pergaulan yang makin luas dan beragam, kita bisa punya lebih dari satu geng, lho! Mungkin waktu masih sekolah dulu, kita solid sama geng kesayangan kita. Tapi, sekarang kita bakal bisa punya geng di kelas, geng di organisasi mahasiswa, geng di luar kampus dan sebagainya.

Nah itulah perbedaan saat kamu SMA dan kuliah. Banyak yang bilang kuliah lebih enak karena bisa bebas ngapain aja. Eitts..tapi jangan salah biarpun bebas jadi mahasiswa itu mesti bertanggung jawab. Kalau ngelakuin apapun seenaknya yang ada kamu akan ditinggal teman-teman mu wisuda duluan deh. Penasaran dengan perbedaan kuliah dan SMA? Kamu bisa simak parodynya divideo yang ada di halaman ini Famous People! (non)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
4
Pecah Pecah Active
PECAH
3
Sweet Sweet Active
SO SWEET
4
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
10
Hiks Hiks Active
HIKS
4