gif-atrk

FAMOUS.ID - Dalam menggunakan internet, kita harus berhati-hati dan waspada terhadap hal-hal yang mencurigakan. Terutama dalam menggunakan media sosial, banyak kasus penipuan yang terjadi dalam platform ini. Salah satunya kreator Bayu Skak yang baru saja tertipu oleh seseorang yang ditemuinya dari internet. Kejadian yang dialami oleh Bayu ini sangat menarik. Ia mengaku sudah 3 bulan menjalani hubungan spesial dengan orang yang belum pernah ia temui. Komunikasi yang dilakukan juga hanya lewat telepon saja. Merasa curiga, akhirnya Bayu mencari tahu dan ternyata sosok perempuan ini sebenarnya tidak ada dan hanyalah sebuah rekaan saja. Dari kisah Bayu Skak, ini kita bisa mengambil pelajaran untuk lebih berhati-hati di internet. Inilah 5 tips menghindari penipuan di internet!

1. Jangan mudah percaya

Bayu Skak Bayu Skak Youtube Channel

Ketika berkenalan atau berkomunikasi dengan seseorang di internet, sebaiknya kita jangan mudah percaya 100% pada orang tersebut. Dari luar, kita hanya melihat kepribadiannya yang ada di profile media sosial. Bisa jadi kepribadiannya di media sosial dengan kehidupan nyata akan sangat berbeda.

2. Orang bisa menjadi apapun di internet

Bayu Skak Bayu Skak Youtube Channel

Perkembangan teknologi sekarang memungkinkan untuk membangun pribadi sesuai dengan yang diinginkan di internet. Seseorang bisa bebas mengambil foto orang lain untuk dijadikan foto profil dirinya. Hal inilah yang tidak diwaspadai oleh Bayu sehingga akhirya ia mempercayai apa yang ditampilkan oleh orang yang menghubunginya tersebut.

3. Double check

Bayu Skak Bayu Skak Youtube Channel

Biasakan diri untuk mengecek dua kali dan mengkonfirmasi sesuatu di internet. Ketika kita menemukan hal yang terlalu baik dan berjalan dengan mulus, sebaiknya kita patut curiga. Cobalah melakukan riset kecil seperti mencari informasi tentang sebuah hal sebelum kita mengambil keputusan besar.

4. Ajak bertemu

Bayu Skak Bayu Skak Youtube Channel

Berkenalan dengan seseorang melalui internet atau media sosial sebenarnya bukan hal yang salah. Tetapi, ketika kamu sudah mengenalnya dalam waktu yang cukup lama, pertemuan secara langsung tentu wajib dilakukan. Cobalah untuk ajak orang tersebut bertemu secara langsung. Bila orang tersebut selalu saja menghindar dan mencari alasan untuk tidak bertemu, kamu harus mencurigai hal ini. Jika bertemu tatap muka sulit dilakukan, cobalah untuk melakukan video call, apabila ia masih menolak, kemungkinan besar ada hal yang disembunyikan dari orang tersebut.

5. Konsultasi dengan teman

Bayu Skak Bayu Skak Youtube Channel

Ketika sudah percaya pada sesuatu, biasanya seseorang akan sulit untuk mengubah pandangannya. Saat hal ini terjadi, bantuan teman atau orang terdekat bisa jadi solusinya. Ceritakanlah permasalahan yang sedang kamu hadapi pada orang lain untuk meminta pandangan dari sudut yang berbeda. Dalam kasusnya, Bayu Skak meminta bantuan pada Raditya Dika yang mencurigai hal yang sedang dialami Bayu. Buktinya, pandangan Raditya Dika ternyata terbukti benar.

Nah, itulah 5 tips yang bisa dilakukan untuk menghindari penipuan di internet. Tonton video dari Bayu Skak di halaman ini untuk mendengar kisah lengkapnya! Tetap hati-hati ya dalam menggunakan internet Famous People! (nfl)

REAKSI KAMU

Epic Epic Active
EPIC
0
Pecah Pecah Active
PECAH
0
Sweet Sweet Active
SO SWEET
0
Nice Try Nice Try Active
NICE TRY
1
Hiks Hiks Active
HIKS
0